Sukses

Parenting

1001 Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Belum Ibu Ketahui

Sentuhan lembut seorang ibu memang dapat meningkatkan kedekatan pada sang anak. Selain menyusui, ternyata bonding atau kedekatan pada si kecil dapat dilakukan dengan membacakan cerita atau dongeng.

Sebab ketika membacakan cerita menjelang tidur, sebuah momen intensif di mana ibu dapat mengusap, mencium, atau memeluk si anak akan membentuk ikatan yang kuat. Bukan hanya itu, membacakan cerita juga memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak, seperti mampu mengembangkan imajinasi anak, meningkatkan minat baca anak, dan membangun kecerdasan emosional.

"Ibu saat ini memang jarang bonding time bersama anak karena kesibukannya bekerja. Untuk itu, dongeng adalah media yang pas untuk menjaga bonding tetap terjaga, karena dongeng dapat dilakukan sebelum si kecil tidur," ujar Panji Cakrasantana, Brand Manager NIVEA Creme PT Beiersdorf Indonesia, saat ditemui di Depok, Jawa Barat.

Menurut Panji, memilih dongeng untuk anak tidak bisa sembarangan. Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, dongeng pun harus yang mengandung pesan moral. Seperti Nivea yang bekerja sama dengan Lobu dan menciptakan cerita-cerita penuh dengan pesan moral, lewat special edition Nivea Cream.

Dongeng punya banyak manfaat buat anak/copyright Vemale.com/Anisha

Panji mengatakan, ada tiga cerita dongeng yang bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak dan tentunya meningkatkan waktu berkualitas antara ibu dan anak melalui bercerita. Tiga cerita dongeng tersebut mengisahkan tokoh hewan-hewan di Indonesia dengan menggunakan pola batik untuk memperkenalkan budaya Indonesia sehingga menarik antusiasme anak dalam membaca. Tiga cerita dongeng tersebut berjudul Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya, Ayu Sang Idola Hutan, dan Koko Rangkong yang Pandai Mengayun.

"Nivea Creme Special Edition ini merupakan bentuk komitmen dari NIVEA dalam meningkatkan kualitas keluarga melalui peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu, dan waktu kebersamaan keluarga. Cerita yang terdapat dalam edisi spesial ini memiliki landasan budi pekerti dengan harapan bisa membentuk karakter yang positif bagi anak- anak. Nilai-nilai seperti persahabatan, kepercayaan diri dan tidak mudah putus asa, penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini, di sinilah peran seorang ibu dalam perkembangan anaknya. Kami berharap membacakan cerita kepada anak ini akan terus menjadi budaya keluarga di Indonesia," tutur Panji.

Salah satu aktivitas yang digalakkan adalah dengan mengadakan roadshow di sejumlah Taman Kanak-Kanak di area Jabodetabek dengan kegiatan mendongeng interaktif yang akan melibatkan murid beserta ibunya. Dengan menghadirkan Paman Gery dan Bubu Mini sebagai pendongeng, para ibu juga akan mendapatkan tips dan trik mengenai cara mendongeng.

Rangkaian acara tersebut diadakan Big Bang Event pada 27 November–3 Desember 2017 di Main Atrium Senayan City, dengan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjung, khususnya ibu dan anak seperti creativity corner, photo custom Creme mom & kid, creme usage education, mom’s & kid massage, kids playground, dan penampilan khusus dari Nola & Naura pada 1 Desember 2017.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading