Sukses

Parenting

4 Hal yang Tak Dipahami Pasangan Tanpa Anak saat Jadi Orangtua

Ketika menjadi orangtua, kamu akan mengetahui seperti apa bedanya hidup tanpa anak dan hidup dengan anak dalam kehidupan nyata. Beberapa pasangan pasti mengatakan bahwa menjadi orangtua adalah pekerjaan paling berat di dunia. Ketika pasangan menikah lainnya, yang belum punya anak, kemungkinan besar menganggap kamu berlebihan dan tak masuk akal.

Mereka tak tahu saja, bagaimana beratnya jadi orangtua. Dan ini yang tidak diketahui pasangan tanpa anak soal menjadi orangtua.

1. Kamu tak bisa belajar bagaimana jadi orangtua hanya dari buku

Kamu akan menemukan banyak buku tentang parenting bagaimana caranya begini dan begitu, tapi apa yang ditulis di buku tak segampang yang dibayangkan. Seringkali yang ada di kenyataan jauh lebih sulit dan tak bisa diprediksi. Bahkan jika kamu sudah mempersiapkan diri, tindakan di lapangan bisa sangat berbeda.

2. Kamu bukan orangtua yang buruk hanya karena anakmu membuat kesalahan

Tidak ada orangtua yang sempurna, semua orang menjadi orangtua untuk pertama kalinya dan wajar melakukan kesalahan. Mudah sekali bagi orang lain mengkritikmu sebagai orangtua buruk tanpa tahu duduk persoalannya. Itulah yang sering dilakukan pasangan tanpa anak, suka berkomentar tanpa tahu apa masalah sebenarnya. Bahkan orangtua baik sekalipun pernah mengalami menghadapi anak tantrum di depan umum.

Jadi orangtua tak bisa dipelajari dari buku/copyright Thinkstockphotos.com

3. Seringkali insting orangtua melebihi logika

Membesarkan anak adalah tantangan tersendiri dan Aricia Shaffer, terapis dan ahli parenting mengungkapkan, "Insting orangtua terhadap anak bisa melampaui logika, dan ini bagus, karena orangtua memiliki motivasi untuk menjaga anak." Tak heran jika kemudian kamu menemukan ada single parent yang punya 4 pekerjaan sekaligus dalam sehari untuk menghidupi 5 anaknya atau semacamnya.

4. Kamu kelelahan, tapi pengorbanan itu sebanding

Pasangan tanpa anak mungkin menganggapmu gila karena tak pernah istirahat atau melakukan banyak hal dalam waktu singkat. Mereka bilang, 'kalau punya anak melelahkan, kalau begitu jangan punya anak'. Tapi mereka tak tahu, betapa melelahkannya mengurus anak, tapi semua itu sebanding. Tak ada pengalaman yang lebih berharga selain jadi orangtua. Dan jika kamu punya pilihan untuk mengulang waktu, kamu akan tetap memilih punya anak.

Itu dia beberapa hal yang tak diketahui pasangan tanpa anak yang sering meremehkan peran orangtua, menganggap bahwa kesulitan jadi orangtua selama ini hanya berlebihan dan berpikir mendidik anak itu gampang. Mereka hanya tak tahu, dan belum mengalaminya saja.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading