Sukses

Parenting

Ini Reaksi Menakjubkan Otak Ibu saat Melihat Bayinya Menangis

Menjadi seorang ibu memang sebuah kebanggaan sendiri, dan entah mengapa rasanya kamu jadi lebih cinta anakmu daripada suamimu. Padahal dulu, kamu ingat pernah jatuh cinta sekali dengan suamimu, tapi cinta itu beralih seluruhnya pada anakmu.

Hal ini tidak mengherankan ladies. Para peneliti mempelajari bagaimana hubungan ibu dan anak dan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa setiap ibu punya respon universal yang ditunjukkan terhadap bayinya.

Peneliti melakukan scan MRI dan melihat aktivitas otak para ibu, yang ternyata otak mengalami peningkatan aktivitas di bagian otak yang berhubungan dengan pengasuhan, gerakan dan ucapan sebagai reaksi perhatian dan perlindungan.

Ada bagian otak tertentu yang merespon ketika melihat anak menangis/copyright Shutterstock.com

Dalam penelitian terbaru itu, peneliti melibatkan 684 ibu pertama kali dari 11 negara berbeda, yaitu Argentina, Belgia, Brazil, Kamerun, Prancis, Kenya, Israel, Italia, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat, dan melihat bagaimana reaksi para ibu jika melihat bayi mereka menangis.

Marc Bornstein sebagai pemimpin penelitian sekaligus chief dari National Institute of Child Health and Human Development mengatakan, "Bayi yang menangis membuat orang dewasa, termasuk ibu-ibu, merespon dengan empati dan perhatian karena tangisan bayi memberi kesan sedih dan teraniaya."

Jadi, tidak heran jika wanita yang baru saja menjadi ibu seringkali menunjukkan reaksi terkejut, panik, sulit berkata-kata tapi sekaligus sangat sedih dan bingung jika melihat bayi atau anaknya menangis. Itu adalah reaksi alami yang dimiliki setiap ibu dan itulah mengapa perasaan ibu berbeda terhadap anaknya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading