Sukses

Parenting

Waspada! 5 Tanda Anak Kecanduan Gadget yang Mengganggu Tumbuh Kembangnya

Zaman sekarang, anak-anak tak butuh waktu lama untuk belajar menggunakan gadget. Ketika sudah diperkenalkan dengan ponsel atau tablet di usia dini, mereka bisa langsung menguasainya dalam waktu singkat. Kalau orang tua tidak memberi pengawasan dan arahan, bisa-bisa anak kecanduan gadget.

Kecanduan gadget pada anak jelas bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Dilansir dari emfprotectionstore.com, kecanduan gadget juga bisa mengganggu kesehatan anak karena bisa memicu obesitas, penyakit kardiovaskular, depresi, susah konsentrasi, dan daya ingat yang rendah. Tumbuh kembang anak pun bisa terganggu saat anak sudah sangat ketergantungan dengan gadget. Yuk, moms kenali tanda-tanda perilaku negatif pada anak yang sudah kecanduan gadget. Jangan sampai keburu terlambat.

1. Ogah-Ogahan Melakukan Aktivitas Lainnya
Setiap harinya cuma mau main gadget. Nggak mau melakukan aktivitas lainnya. Bermain di luar rumah bersama teman-teman yang lain pun ogah-ogahan.

2. Susah Diajak Ngobrol
Susah sekali untuk mengajaknya bicara atau ngobrol. Seringkali ia tampak cuek dan nggak peduli dengan yang dibicarakan orang-orang di sekitarnya. Cuma kalau yang diobrolkan itu sudah menyangkut gadget, baru deh dia nimbrung.

Beri pengawasan dan arahan soal penggunaan gadget pada anak./Copyright shutterstock.com

3. Gampang Uring-Uringan Kalau Tidak Diizinkan Main Gadget
Dia mudah sekali rewel dan uring-uringan kalau nggak diizinkan main gadget. Seringkali dia baru tenang kalau sudah diberi gadget. Hal ini terjadi karena otaknya butuh asupan dopamin yang baru bisa diperoleh kalau sudah asyik main gadget. Kalau sudah kecanduan gadget, anak akan selalu butuh gadget untuk membuatnya merasa tenang.

4. Sering Membantah
Memang hal yang lumrah ketika anak marah saat aktivitasnya main gadget diganggu. Tapi kalau dia kemudian jadi sering membantah dan bikin alasan pembenaran, aktivitas bermain gadget-nya harus dimonitor lebih ketat lagi. Perilaku anak bahkan bisa makin agresif bila tingkat ketergantungannya pada gadget sudah sangat parah.

5. Sering Berbohong
Biasanya karena takut dimarahi, anak akan berbohong dengan menyembunyikan gadget lalu menggunakannya diam-diam. Sebagai orang tua kita memang harus lebih peka soal hal ini. Saat kita tahu anak mulai sering berbohong, jangan langsung memarahinya tapi coba lakukan pendekatan untuk membantunya mengatasi ketergantungannya bermain gadget.

Moms, yuk lebih tegas lagi dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak. Jangan sampai tumbuh kembang dan kesehatannya terganggu karena sudah berlebihan dalam menggunakan gadget. Semoga infonya bermanfaat, ya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading