KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Makin Canggih, Menumbuhkan Minat Baca Anak Bisa Melalui Aplikasi Gadget

Rabu, 04 Oktober 2017 11:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Menumbuhkan minat baca anak/copyright Pexels.com

Vemale.com - Buku adalah jendela dunia dan merupakan salah satu sumber ilmu yang progresif dan mengajak pembacanya untuk berpikir serta memiliki sudut pandang. Dengan membaca, pikiran dapat terbuka untuk belajar hal-hal baru. Budaya membaca di tengah masyarakat memiliki andil besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, tingkat literasi dan tentunya pada kemajuan suatu bangsa dan negara.

Saat ini, meningkatkan minat baca untuk generasi penerus bangsa adalah sama pentingnya dengan menanamkan mentalitas yang kaya akan pengalaman inspiratif, cerdas dan berbudaya. Di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan pesat teknologi, kesempatan anak-anak untuk berkarya serta mengakses informasi melalui berbagai media sungguh besar.

“Peran orangtua sangat penting dalam menumbuhkan minat baca anak. Cara yang paling sederhana adalah menjadikan buku bagian dari kegiatan sehari-hari anak yang menyenangkan. Untuk itu orang tua perlu meluangkan waktu untuk membacakan buku-buku cerita menarik sesuai minat dan tingkat bahasa anak dengan ilustrasi ekspresif," ujar Sri Murwati Habir, Pendiri Taman Bermain Kepompong (1988) sekaligus salah satu pelopor Pendidikan Anak Usia Dini, khususnya usia 2-6 tahun, di Jakarta.

Salah satu cara meningkatkan minta baca anak adalah dengan mengakses aplikasi toko buku anak di internet atau di gadget. Buku cerita anak-anak dalam versi digital yang dapat diakses di manapun dan kapanpun oleh pembacanya. Seperti misalnya PiBo, aplikasi toko buku anak-anak online yang memastikan kualitas materi positif untuk anak.

Meningkatkan minat baca anak lewat aplikasi/copyright PiBo

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, berbagai pemenuhan kebutuhan hidup manusia menjadi lebih mudah, tidak terkecuali dalam menanamkan minta baca anak.

“Sampai kapanpun tidak akan ada yang dapat menyaingi pengalaman autentik membaca buku cetak. Aplikasi seperti PiBo hadir bukan untuk menggantikan pengalaman tersebut melainkan untuk memberikan kemudahan perihal akses dan pilihan di era yang serba cepat ini. Anak atau orang tua tidak selalu dapat membawa 5-10 buku dalam satu waktu, misalnya ketika sedang berpergian. Namun dengan aplikasi, hal tersebut dapat diatasi karena mereka dapat membaca buku digital tersebut di manapun dan kapanpun,” ungkap Aisha Habir Co-Founder Aplikasi PiBo.

Jadi, sebenarnya tidak terlalu sulit menanamkan minta baca terhadap anak ya moms. Peran orangtua dan keluarga dalam memberikan asupan informasi positif terhadap anak-anak sangat bisa dilakukan dengan gadget di era yang serba canggih ini.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA