KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Sadar Bahwa Kamu Tidak Sempurna, Bisa Membuatmu Jadi Orangtua Lebih Baik

Sabtu, 30 September 2017 07:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Tipe anak yang sukses di masa depan/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Saat menjadi orangtua, tentu kamu akan menerima apa pun yang dimiliki anak sejak kecil, benar kan? Kamu mungkin akan menemukan bahwa mereka tumbuh dengan sikap dan pembawaan berbeda. Jika bisa dibedakan, ada dua tipe anak, yaitu yang suka bertanya dan yang tak suka bertanya.

Dan bersyukurlah jika anakmu adalah tipe yang suka menanyakan apa pun dan meminta bantuanmu, karena ini adalah tanda anak cerdas dan kemungkinan besar ia akan sukses di masa depan. 

Tapi kalau pun tidak, jangan sedih dan menyalahkan anak Moms. Karena anak lahir dengan pembawaan dan kemampuan yang berbeda-beda. Brene Brown, peneliti sekaligus penulis buku parenting mengungkapkan dalam TED Talks bahwa membiarkan dirimu sendiri terlihat 'kurang' atau tidak sempurna justru akan membuatmu belajar lebih baik menjadi orangtua.

Langkah berani menunjukkan dirimu seperti apa dan kesadaran bahwa kamu sendiri tidak sempurna juga akan membuatmu bisa menerima bahwa anak pun tak sempurna. Ketika anak punya kekurangan, entah itu dalam hal belajar, kekurangan fisik atau yang lainnya, kamu tidak menyalahkan keadaan dan memaksakan kehendak.

Karena sebagai orangtua pun kamu bisa melakukan kesalahan dan menjadi orangtua yang terbaik untuk anak memang tak mudah. Tapi ketika kamu tahu bahwa kamu pun bukan manusia sempurna, dari sinilah kamu akan belajar lebih baik jadi orangtua.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA