KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Cara Praktis Cegah Si Kecil Kecanduan Internet dan Gadget

Kamis, 28 September 2017 18:00 Penulis: Anisha Saktian Putri
Anak yang suka gadget cenderung kecanduan/copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Tidak bisa dipungkiri, kini pengguna internet bukan hanya orang dewasa saja. Anak kecil rupanya sudah tak asing lagi dengan alat canggih ini.

Menurut psikolog anak, Firesta Farizal, anak-anak sangat tertarik pada internet dikarenakan visualnya yang penuh warna, gambar yang bisa bergerak, dan terdapat suara-suara yang membuat mereka bahagia. Ini mengapa gadget atau internet sangat dicintai oleh anak-anak.

"Itu alasan mengapa anak-anak tidak berhenti main gadget," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Ketika bermain internet, biasanya si kecil dapat dengan mudah memecahkan masalah, dapat berpikir kritis, rasa keingintahuan yang kuat, daya ingat yang cukup baik, banyak imajinasi dan bahasa yang didapat. Namun, adapula risiko bila anak kecanduan bermain gadget seperti mudah bosan, sulit berkonsentrasi, serta seringnya anak terpapar oleh konten yang tidak pantas sesuai usia anak.

Untuk itu, semua ibu harus memberikan batasan yang jelas dari awal pada anak. Seperti batas konten dan waktu. Serta terlibat pada setiap aktivitas internet yang diakses oleh si kecil.

"Batasan yang jelas seperti, sehari hanya boleh main internet 15 menit, atau hanya boleh main internet Sabtu, Minggu. Jadi sebagai orangtua kita harus konsisten," tambahnya.

Adapula batasan usia penggunaan internet bagi anak, seperti kurang dari 18 bulan tidak direkomendasikan bermain internet. Anak 18 bulan sampai 2 tahun haruslah ditemani saat menonton atau menggunakan aplikasi di gadget (hindari mereka bermain sendiri), lalu anak 2-5 tahun disarankan bermain internet satu jam saja dalam sehari.

Nah Mommy, semoga tips ini bermanfaat ya.

(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Anak Dan Gadget