KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Ajarkan Cuci Tangan Sebelum Makan, Guru Gunakan Eksperimen dengan Roti

Senin, 25 September 2017 18:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Mencuci tangan/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Mengajarkan anak untuk cuci tangan memang dibutuhkan ketelatenan, kebiasaan dan contoh sehari-hari agar anak paham dan mau menjaga kebersihan dan menerapkan mencuci tangan sebelum makan atau melakukan apa pun.

Dan cara yang dilakukan guru berikut ini bisa juga dicoba di rumah atau di sekolah ladies. Guru kelas tiga Marvilyn Lyons dan Donna Gill Allen mencoba mengajarkan pada anak-anak betapa pentingnya mencuci tangan dengan percobaan roti.

"Untuk semua teman-teman guru, ini adalah percobaan yang menjijikkan sekaligus paling keren yang bisa dilakukan. Aku melakukan ini untuk mengajarkan anak-anak tentang kuman dan bagaimana mereka menyebar," tulis Gill Allen.

Pertama, siapkan tiga lembar roti tawar; satu roti diberikan perlakuan kontrol, satu menggunakan tangan bersih dan satu lagi dengan menggunakan tangan kotor.

Percobaan roti/copyright Marvilyn Lyons dan Donna Gill Allen



Caranya, ia mengambil satu roti dengan sarung tangan dan menyimpannya dalam plastik. Kemudian ia mencuci tangan dan mengambil satu lembar roti menggunakan tangan bersih, lalu menyimpannya di plastik. Terakhir, ia mengambil satu roti dan membuat semua anak di kelas memegang roti tersebut sebelum akhirnya menyimpan roti itu dalam plastik.

Setelah dibiarkan beberapa hari/copyright Marvilyn Lyons dan Donna Gill Allen



Setelah itu, roti dibiarkan berhari-hari dan melihat seperti apakah perubahannya. Pada roti yang sudah dipegang tangan kotor, muncul banyak jamur dan warnanya kehitaman. Menjijikkan memang, tapi ternyata cara ini menjadi cara efektif mengajarkan dan mengingatkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Ini hasilnya jika roti dipegang tangan kotor/copyright Marvilyn Lyons dan Donna Gill Allen

Wah...cerdas ya. Boleh juga nih diterapkan di rumah untuk mengajarkan anak cuci tangan ya Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA