KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

5 Alasan Mengapa Memiliki Hewan Peliharaan Baik untuk Anak

Selasa, 19 September 2017 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Hewan peliharaan/copyright pexels.com

Vemale.com - Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Banyak pilihan hewan yang dapat mom pilih, misalnya kucing, anjing, kelinci hingga ikan. Selain menjadi teman bermain, hewan peliharaan ternyata dapat membantu tumbuh kembang anak. Well, hal positif ini mengapa tidak mom manfaatkan.

Mom, berikut ini adalah alasan mengapa memberikan hewan peliharaan pada anak sangat baik. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Peka Terhadap Satu Sama Lain

Salah satu manfaat penting dari memiliki hewan peliharaan adalah anak menjadi lebih peka. Tidak hanya kepada sesamanya tetapi juga lingkungannya. Tentu menyenangkan memiliki anak yang peka terhadap lingkungan. Hal ini akan membantu anak menjadi pribadi yang menyenangkan.

Membantu Anak untuk Belajar

Dengan memiliki hewan peliharaan akan membantu anak untuk belajar. Hewan peliharaan, khususnya anjing akan memberikan rasa nyaman dan teman menyenangkan anak agar semangat dalam belajar. Salah satu penelitian menyebutkan, anak akan merasa rileks saat belajar di dekat hewan peliharaan dibanding dekat dengan manusia.

Memilihara hewan peliharaan ternyata dapat membantu anak untuk belajar/copyright pexels.com

Mengurangi Alergi Pada Anak

Keluarga yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki risiko lebih kecil memiliki alergi, terutama pada anak. Seperti yang diketahui, anak-anak lebih sensitif sehingga mudah alergi. Dengan memelihara hewan peliharaan maka risiko ini dapat dikurangi.

Dapat Mengurangi Stres

Siapa bilang anak-anak tidak mengalami stres. Tekanan lingkungan, tugas sekolah yang menumpuk dapat memicu stres pada anak. Bermain-main dengan hewan peliharaan, akan membantu anak untuk terhindar dari stres yang mengganggu.

Membuat Mereka Belajar Tentang Konsekuensi

Merawat hewan peliharaan akan membuat anak belajar tentang konsekuensi. Hal ini dapat diajarkan dengan mudah pada anak. Misalnya saat anak tidak memperhatikan hewan peliharaannya, seperti tidak memberi makan, maka konsekuensinya akan terlihat nyata hewan tersebut itu mati.

Hal ini tentu akan memudahkan anak lebih mudah dalam belajar. Memahami konsekuensi atas tindakan akan membantunya belajar tentang makna tanggung jawab.
Mom, demikian manfaat memiliki hewan peliharaan bagi anak. Pilih hewan peliharaan dengan tepat, jangan sampai justru membahayakan anak-anak. Nah, kalau mom memiliki ide hewan peliharaan apa untuk si kecil? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA