Sukses

Parenting

5 Manfaat Mengajak Anak Main ke Taman, Moms Perlu Tahu!

Zaman sekarang, anak-anak gampang sekali kecanduan main gadget. Kalau tidak diawasi, tumbuh kembang anak bisa terhambat. Meski kita tahu kalau bermain adalah aktivitas yang tidak bisa lepas dari dunia anak-anak, tetap saja kita perlu mengarahkannya.

Salah satu cara agar anak nggak kecanduan gadget, ada baiknya untuk sering mengajaknya bermain ke taman. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak bila sering diajak main ke taman, khususnya taman dengan udara yang bersih. Yuk, moms kita bahas satu per satu di sini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak
Dilansir dari thehealthsite.com, bermain di ruang terbuka bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Saat anak bermain di taman, terjatuh, dan berlarian kesana kemari, secara tidak langsung itu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuhnya. Sehingga nggak gampang sakit. Sementara kalau bermainnya hanya di dalam ruangan tertutup, anak rentan mengalami alergi yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

2. Meningkatkan Perkembangan Mental dan Sosial
Ruang terbuka, udara segar, dan aktivitas fisik merupakan elemen penting untuk perkembangan otak anak. Semua elemen itu bisa didapatkan dengan bermain di taman. Selain itu, saat bermain dengan teman-teman di taman, kemampuan sosial anak juga bisa ikut meningkat. Daya kreativitas anak akan terus diasah dengan berani mencoba berbagai hal baru di taman.

Banyak manfaatnya main di taman./Copyright Dephotology (@kukuhphoto)

3. Mengatasi Stres
Anak pun bisa mengalami stres atau tertekan. Salah satu cara untuk membantunya mengatasi stres adalah mengajaknya bermain di ruang terbuka seperti di taman. Jangan sampai anak mengalami Nature Deficit Disorder, suatu gangguan pada manusia, terutama anak-anak akibat kurang berkontak langsung dengan alam yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik, berupa kemungkinan mengidap obesitas, gangguan mental dan depresi pada anak (dikutip dari kompasiana.com (24/6/2015)). Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan anak jadi pemalas, lebih egois, individualis, susah untuk berkonsentrasi, bahkan bisa makin ketergantungan dengan gadget.

4. Membuat Anak Lebih Bahagia
Aktif melakukan kegiatan fisik, maka jumlah kalori yang dibakar akan lebih banyak. Selain bisa membuat anak lebih sehat, bermain di taman juga bisa membuat anak lebih bahagia. Saat berada di taman, anak bisa merasa lebih bebas dan mampu meluapkan emosi dan perasaannya dengan lebih mudah.

5. Meningkatkan Konsentrasi
Yap, aktivitas di ruang terbuka seperti di taman bisa membantu anak untuk lebih berkonsentrasi.

Yuk, moms ajak anak lebih banyak bermain dan beraktivitas di luar ruangan. Pastikan juga anak selalu dipantau dan diawasi saat bermain, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading