Sukses

Parenting

Cegah Pedofil, Nafa Urbach Edukasi Anak Secara Gamblang & Jelas

Beberapa saat yang lalu Nafa Urbach merasa tak tenang dan juga geram karena kejadian yang menimpa putrinya, Mikhaela Lee Jowono. Seperti yang dilansir oleh KapanLagi.com (22/8), setelah salah satu media online memberitakan putrinya, ada banyak sekali komentar-komentar bernada negatif yang menjurus kepada pedofilia dari beberapa netizen.

Geram dengan komentar-komentar tersebut, Nafa pun membawa kasus ini ke ranah hukum. Selain itu Nafa memberikan tips pada para orangtua agar tak ada kejadian serupa menimpa anak mereka.

"Yang pertama harus waspada, terus jangan upload foto-foto (anak) telanjang atau baru mandi atau mungkin jangan terlalu kayak ditinggal-tinggal di mall. Kadang-kadang kan, 'Ah biar mandiri, biar belajar sendiri, biar berani', itu jangan karena kita nggak tahu bakal terjadi gimana aja," jelas Nafa.

Selain itu Nafa juga menyarankan agar para orangtua memberikan edukasi secara gamblang pada anak-anak mereka. Walaupun memang terdengar tabu, namun hal ini sangat penting. Nafa punya penjelasan dan juga alasannya sendiri mengapa harus memberikan edukasi yang gamblang. Ia ingin agar anaknya bisa menjaga diri sendiri jika lepas dari pengawasannya.

"Terus memberikan edukasi seks secara dini kepada anak-anak di mana bagian-bagian tertentu yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan mana yang penting, 'like this is a very personal thing that anyone cannot touch', gitu ya mungkin, bahwa itu adalah suatu kejahatan kalau sampai ada orang yang megang dan masukin tangan ke sini (bagian dada). Nggak apa-apa jelasin aja, jangan merasa tabu daripada nanti anaknya udah di-'itu' ya kan? Ngomong aja, jangan sampai ada orang yang berani memasukkan tangannya di bagian sini (dada) atau bagian selangkangan. Harus tegas-tegas aja, istilahnya kita berusaha memberikan kejelasan pada anak gitu. Karena kalau kita cuma pake kiasan, ntar nggak ngerti. Mending ngomong apa adanya," sambungnya.

Nafa sendiri ternyata bakal memperketat pengawasan pada anaknya. Ini karena ia tak ingin hal-hal yang tak diinginkan terjadi ke depannya nanti. Nafa bahkan sudah menghapus foto-foto tentang anaknya di media sosial.

"Ada pasti (pengawalan khusus). Dari Tuhan nomor satu, (kedua) dari semuanya yang mendukung saya di sini," pungkasnya.

Nah Ladies, ada baiknya memang memberikan edukasi seks sedari dini untuk anak-anak demi preventif dari hal-hal yang tidak diinginkan.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading