KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Penting! Tips Agar Anak Tak Melulu Terpaku Gadget

Senin, 14 Agustus 2017 10:30 Penulis: Zika Zakiya
Mendidik anak/ copyright: pexels.com

Vemale.com - Pusing rasanya melihat si kecil tak mau melepaskan mata dari gadget. Padahal rasanya semua cara sudah mom lakukan agar dia lebih memilih aktivitas lain selain hanya ber-gadget ria.

Hal ini dilakukan karena mom paham bahwa ada hal negatif yang tersimpan dalam kebiasaan ber-gadget. Mulai dari membuat anak tidak bergerak sehingga menyebabkan kegemukan, anak jadi malas karena menganggap semua hal bisa dilakukan dengan sentuhan jari, dan jadi enggan bersosialisasi. Tapi entah kenapa, sulit sekali memisahkan anak dari kebiasaan ini.

Menurut psikolog klinis Liza Marielly Djaprie, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa mom lakukan sebagai orangtua agar membuat anak tak terpaku pada gadget.

1. Dimulai dari orangtua

"Anak yang terpaku pada gadget karena sehari-hari dia melihat orang di sekitarnya menggunakan gadget. Maka dia akan menyerap itu semua. Ingat bahwa anak adalah peniru sempurna," ujar Liza ketika ditemui dalam jumpa pers 'ArchipeLEGO, Ajak Anak Bangsa Asah Kreativitas dengan Kreasi Penuh Imanjinasi' di bilangan Kota Kasablanka pekan lalu.

Maka itu coba deh batasi diri sendiri lebih dulu dalam penggunaan gadget. Kemudian ajak anak melakukan aktivitas bersama yang membuat pikirannya teralih dari semua hal berbau gadget.

2. Persistensi dan repetisi

Plot satu waktu tertentu di mana ayah dan ibu mengajak si kecil bermain dengan alat yang berbeda.

"Misalkan hari ini di jam sekian kita akan bermain LEGO, atau besoknya di jam yang sama kita akan membaca buku. Terapkan secara persistence dan berulang," demikian tambah Liza.

LEGO sendiri adalah mainan edukatif yang membuat anak berpikir kreatif dan imajinatif. Sebab dari bongkahan-bongkahan kecil, bisa mereka jadikan benda apa pun yang sesuai dengan daya khayalnya.

Dan, tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-72, LEGO mengajak anak Indonesia merayakan keragamanan Tanah Air dalam kampanye #BuildingArchipeLEGO. Kampanye ini sudah dilakukan sejak tanggal 8-20 Agustua 2017 di Food Society Mal Kota Kasablanka.

 

Liza Marielly Djaprie (baju hijau) dan Rizka Sucianty Gunawa di depan Garuda Pancasila yang terbuat dari 3.500 keping LEGO/LEGO Indonesia / copyright redaksi vemale/zika

Di sini mom bisa melihat karya anak bangsa yang menggambarkan Indonesia hanya dari 72 keping LEGO saja. Namun karya terbesarnya adalah Garuda Pancasila yang dibuat dari 3.500 keping LEGO yang dibuat oleh dua orang dalam tempo sepekan saja. 

Hasil karya anak dari 72 keping LEGO / copyright redaksi vemale/zika

"Dengan kampanye #BuildingArchipeLEGO, kami mengajak anak dan dewasa mengasah kreativitas, berkreasi dengan penuh imajinasi menggambarkan keanekaragaman khas Indonesia," kata Rizka Sucianty Gunawan selaku Trade Marketing LEGO di Indonesia.

3. Jadikan kebiasaan

Kembali ke tips anak agar tidak bergadget, mom bisa menjadikan kegiatan tanpa gadget sebagai suatu kebiasaan. Tapi jangan lupa bumbui kebiasaan ini dengan sesuatu yang menyenangkan dan menantang sehingga anak terhibur.

"Anak mau duduk diam jika ada tantangan dan menyenangkan, buat kegiatan suasana yang bikin mereka nyaman," tutup Liza.

Hmm, tips yang menarik dan tidak sulit, bukan? Yuk, mom coba terapkan demi kemaslahatan si kecil.

(vem/zzu/apl)
KOMENTAR PEMBACA