KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

5 Pelajaran yang Didapatkan Si Kecil dari Main Sepakbola

Senin, 31 Juli 2017 00:01 Penulis:
(c)shutterstock

Vemale.com - Bermain sepakbola sering jadi kegiatan favorit anak untuk mengisi waktu luang. Selain menyenangkan dan mendorong anak untuk berolahraga, ada pelajaran yang dapat diambil dan berguna walau berada di luar lapangan, seperti berikut ini.

Belajar Bekerja Bersama

Sepakbola merupakan olahraga yang hanya berhasil jika ada kerjasama tim yang kuat dan solid. Setiap pemain memiliki peran berbeda namun sama pentingnya.

Untuk mencapai tujuan, anak diajarkan untuk mempercayai rekan setimnya, menghargai kemampuan dan keterampilan sesamanya, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Anak-anak yang terbiasa bergiliran dan bekerja sama nantinya akan lebih mudah masuk ke lingkungan sosial yang baru, menghargai orang lain, dan menjadi pemain tim yang baik.

Pentingnya Bekerja Keras

Untuk beberapa anak dapat menguasai kemampuan atletik dengan mudah, tapi lainnya harus berusaha keras untuk berprestasi dalam olah raga. Sepakbola dapat mengajarkan bahwa satu-satunya jalan menuju kesuksesan adalah melalui kerja keras. Pemain muda berprestasi Indonesia seperti Evan Dimas, biasa berlatih berjam-jam untuk membantu mencapai kemampuan terbaik dan mencetak prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Disiplin

Seperti olah raga lainnya, sepakbola membutuhkan kedisiplinan tinggi. Selain harus memiliki kondisi fisik yang fit dan bugar, anak-anak yang menyukai sepakbola juga terbiasa untuk disiplin saat latihan. Mulai dari datang tepat waktu, mempelajari dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku dalam permainan, dan menunjukkan kesadaran diri.

Disiplin yang terbentuk sejak awal dapat membuat anak memiliki hidup yang teratur dan terorganisir. Ini menjadi salah satu hal yang dapat digunakan untuk mencapai kesuksesan seiring tumbuh dewasa.

Mengenali dan Memperbaiki Diri Sendiri

Bermain sepakbola dan olah raga lainnya dapat membantu anak-anak belajar mengenali apa kelebihan dan kekurangannya. Hal ini dapat digunakan untuk mengasah kemampuan terbaiknya dan memperbaiki diri. Mereka juga belajar bahwa setiap orang memiliki kekuatan yang berbeda, dan itu tidak seharusnya menjadi masalah, selama tetap memberikan usaha terbaik.

Setelah mengenali kemampuan diri, anak-anak juga dapat menentukan tujuan yang diinginkan. Hal ini akan memicu semangat dan motivasi untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dalam bidang olah raga, hal ini dapat dicapai dengan mengikuti kompetisi, seperti Jagoan Bola untuk Indonesia.

Program ini diselenggarakan oleh Giant Supermarket bekerjasama dengan PT Football Momentum Asia (Nine Sport Inc) dan klub sepakbola ternama dunia dari La Liga, Espanyol. Cukup dengan berbelanja di Giant Supermarket dengan minimal tertentu kemudian melengkapi dokumennya di booth yang telah tersedia.

Nantinya, peserta akan mengikuti audisi di 5 kota besar di Indonesia dan grand final pada 1 Oktober 2017. Dua anak berbakat usia 14-19 tahun akan terpilih belajar di RCD Espanyol selama semusim penuh untuk mendapatkan pelatihan layaknya pemain muda profesional.

Mengatasi Kegagalan

Tidak semua usaha yang dilakukan anak akan berakhir dengan kemenangan dan hasil yang manis. Di sinilah sepakbola dapat mengembangkan karakter yang sesunggunya, dengan belajar bahwa tidak apa-apa untuk kecewa.

Mereka akan belajar untuk memberikan selamat pada orang lain, mendukung, dan mendorong rekan satu tim saat mengalami kekalahan. Jika dibawa hingga ia tumbuh dewasa, anak akan belajar makna sportivitas dan melatih empati pada orang lain.

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan sepak bola yang dilakukan anak-anak. Yuk, ajak mereka bermain bola sejak dini. Info lengkap klik di sini.

(adv/eth/)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Tampil Berani Dengan Lipstick Cathy Sharon X Urban Lips