KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Anak Cinta Sepak Bola, Ajak Lakukan Latihan Dasar Ini Yuk!

Senin, 31 Juli 2017 00:01 Penulis:
(c)shutterstock

Vemale.com - Anak termasuk pecinta sepak bola? Jangan hanya mengajaknya menonton pertandingan sepak bola saja. Untungnya, sepak bola merupakan permainan yang realtif sederhana dengan peralatan yang sangat mendasar, menjadikan kegiatan fisik ini cocok untuk mengisi waktu luang saat di rumah. Yuk ajarkan kemampuan dasar untuk memainkan si kulit bundar, seperti berikut ini.

Menggiring Bola

Ini merupakan keterampilan paling dasar dalam sepak bola dan menjadi hal pertama yang harus diajarkan pada anak-anak. Ingatkan anak untuk menggunakan sepatu yang memudahkannya belajar menggiring bola.

Ajarkan untuk mendorong bola ke depan dengan posisi jari kaki menuju ke bawah, tapi jangan sampai menendangnya terlalu keras. Untuk melatih kemampuannya ini, atur tiang di lapangan atau halaman rumah yang cukup luas, dan minta anak-anak untuk menggiring bola melewati rintangan.

Passing

Setelah anak-anak belajar menggiring, mereka perlu menguasai bagaimana cara meneruskannya ke rekan satu timnya. Ajari mereka untuk melakukan passing agar dapat menendang bola dengan akurat ke teman mainnya.

Selain berlatih menendang bola ke arah teman satu tim, anak juga harus belajar bagaimana menerima umpan dengan kaki. Untuk mengasah kemampuan ini, bagi anak-anak menjadi dua kelompok atau lebih, lalu minta untuk passing satu sama lain.

Menembakkan Bola

Menembakkan bola menjadi salah satu bagian dalam permainan yang paling diminati oleh anak-anak, namun menjadi bagian yang sulit dilakukan oleh anak-anak di usia yang muda. Sebagian besar anak-anak secara alami dapat menendang bola dengan jari kaki, tapi tidak akurat sehingga bola terbang tak menentu.

Ajarkan anak untuk menendang bola dengan sepatu khusus sepak bola. Untuk tendangan yang lebih keras dan tepat menentukan sasaran, ingatkan anak untuk mencondongkan tubuh ke depan saat kaki mengenai bola.

Bertahan atau Defense

Anak-anak yang di usia dini biasanya terfokus untuk melakukan serangan ke gawang lawan, tapi mereka juga perlu belajar tentang pertahanan jika ingin berkembang menjadi pemain sepak bola yang baik. Ingatkan si kecil untuk mengantisipasi di mana bola akan berada dan menjaga pemain lawan. Agar terhindar dari pelanggaran dan risiko menyebabkan cedera, ajarkan untuk menghalangi jalan lawan dan posisikan kaki di depan bola.

Lakukan latihan dasar ini dengan cara yang menyenangkan dan hindari memberikan terlalu banyak kritik, yang membuat Ladies terlihat tidak mendukung minat dan bakatnya. Setelah anak menguasai beberapa kemampuan dasar, tidak ada salahnya mengikutkan anak ke kompetisi untuk mengevaluasi skill-nya, salah satunya dengan Jagoan Bola untuk Indonesia.

Program ini diselenggarakan oleh Giant Supermarket yang bekerjasama dengan PT Football Momentum Asia (Nine Sport Inc) dan Espanyol, klub sepak bola ternama dunia dari La Liga. Pendaftarannya cukup mudah, hanya dengan membawa struk asli belanja di Giant Supermarket periode 3 Juli – 30 Agustus 2017.

Nantinya, peserta dengan data yang lolos akan mengikuti audisi yang digelar di 5 kota besar di Indonesia dan 2 orang terpilih akan dikirim untuk belajar di RCD Espanyol selam semusim penuh.

Asah minat, bakat, dan kemampuan sepak bola anak dengan menjadi bagian dari jagoan Bola untuk Indonesia. Info lengkap klik di sini.

(adv/eth/)
KOMENTAR PEMBACA