KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Tips Memilih Sekolah Sepak Bola yang Bisa Dukung Bakat Anak

Minggu, 30 Juli 2017 00:01 Penulis:
(c)shutterstock

Vemale.com - Senangnya memiliki anak yang punya bakat dan minat di bidang olah raga, salah satunya sepak bola Sejak kecil, ia telah memainkan sang kulit bundar dengan baik, jadi tidak ada salahnya bagi Ladies untuk mempertimbangkan memasukkannya ke sekolah sepak bola. Agar dapat mengasah kemampuannya, pilih sekolah yang terbaik dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Kredibilitas dan Reputasi yang Baik

Sama dengan sekolah formal, sekolah sepak bola juga harus memiliki reputasi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari track record dan banyaknya prestasi yang didapat. Selain itu, Ladies dapat melihat struktur manajemen yang baik, misalnya memiliki kepala sekolah, kepala pelatih, asisten pelatih yang mendampingi berbagai kelompok usia, fisioterapis, dan staf-staf lainnya yang menunjang berjalannya SSB (Sekolah Sepak bola).

Memiliki Kurikulum dan Metode Latihan yang Mengutamakan Anak-Anak

Tidak hanya sebagai tempat menyalurkan minat dan hobi bermain bola, SSB juga menjadi tempat mengembangkan kemampuannya dengan banyak latihan. Oleh karena itu, pilih SSB yang memiliki kurikulum yang jelas.

Selain itu, lihat juga metode belajar yang diberikan apakah sudah disesuaikan dengan tingkatan usia dan kemampuan anak-anak yang bersekolah di sana. Misalnya untuk kelompok U8-12 pembelajaran akan lebih efektif jika dilakukan dalam bentuk permainan yang menyenangkan, sedangkan untuk U12 baru diajarkan penguasaan minimal tiga dari tujuh dasar bermain bola.

Memiliki Pelatih Handal dan Berlisensi

Ini merupakan aspek penting sebelum memutuskan memasukkan anak ke SSB. Seorang pelatih sebaiknya memiliki Lisensi D dan C Nasional atau AFC sehingga dapat memahami pengembangan anak. Tanpa lisensi-lisensi ini, belum tentu pelatih paham menangani anak usia dini untuk menentukan waktu latihan, pembentukan karakter, mengajarkan turun ke lapangan, hingga menyarankan asupan nutrisi yang disesuaikan dengan kondisi anak didiknya.

Sarana dan Prasarana Harus Lengkap

Proses belajar-mengajar dapat dilakukan lebih baik jika sarana maupun prasarana lengkap dan memadai. Sebagai pertimbangan untuk memilih sekolah sepak bola, Ladies dapat melakukan kunjungan untuk melihat kondisi lapangan yang cukup luas dengan kualitas rumput yang baik, ruangan yang nyaman untuk belajar, ruang ganti pemain, toilet bersih dan aman, fasilitas medis, parkir yang cukup, kantin, dan mushola.

Selain itu, kelengkapan peralatan juga tidak kalah penting untuk mendukung proses berjalannya latihan. Mulai dari agility ladder, training marker post, cones tinggi dan rendah, ketersediaan bola, rompi, serta kostum untuk latihan maupun pertandingan dalam kondisi baik.

Aktif Mengikuti Kompetisi

Untuk mengasah kemampuan anak, tidak cukup jika hanya belajar dan berlatih di dalam sekolah sepak bola saja. Mengikuti tornamen baik persahabatan maupun kompetisi dapat meningkatkan jiwa saing, kerja tim, sikap percaya diri, dan menumbuhkan sportivitas.

Walau kini belum memasukkan anak ke sekolah khusus sepak bola, Ladies dapat mengajak anak untuk ambil bagian dalam program Jagoan Bola untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh Giant Supermarket. Bekerjasama dengan PT Football Momentum Asia (Nine Sport Inc) dan salah satu klub sepak bola ternama dunia, Espanyol, akan terpilih dua orang yang akan dikirim untuk beerlatih sepak bola di Spanyol selama semusim penuh.

Program yang juga bekerjasama dengan Persija, Timnas U-19 Indonesia, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ini akan mengadakan audisi di 5 kota besar, yaitu Palembang, Makassar, Surabaya, bandung, dan Jakarta. Syarat untuk mendaftarkan anak berbakat yang berusia 14-19 tahun ini cukup mudah. Ladies hanya perlu berbelanja di Giant Supermarket dengan nominal tertentu, kemudian melengkapi dokumen saat mendatangi booth yang tersedia.

Ingin mengikuti jejak Evan Dimas yang sukses mencicipi latihan ala pesepak bola profesional di Spanyol? Yuk ambil bagian di program Jagoan Bola untuk Indonesia! Info lengkap klik di sini.

(adv/eth/)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Cathy Sharon x Urban Lips Swatches