KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Hari Pertama Sekolah Jangan Lupa Sampaikan 3 Riwayat Si Kecil Mom

Senin, 17 Juli 2017 12:15 Penulis: Ayu Puji Lestari
Semangat di hari pertama sekolah / Copyright DePhotology (@kukuhphoto)

Vemale.com - Hari ini si kecil mulai masuk sekolah? Selamat Mom, tahap awal anak mengenal lingkungan di luar keluarga dimulai. Mungkin Mom hari ini merasa khawatir. Well, ini hal yang wajar. Karena sekolah adalah lingkungan baru bagi si kecil, tentu perlu adaptasi. Tidak perlu memaksa si kecil untuk langsung mengenal lingkungan barunya dengan baik, karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda.

Agar adaptasi anak berjalan dengan baik ada baiknya Mom menyampaikan 3 riwayat tentang anak kepada guru atau wali kelasnya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Riwayat Kesehatan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat Hari Pertama Sekolah adalah Mom perlu menyampaikan riwayat kesehatan anak. Penyakit kronis seperti asma, alergi debu dan penyakit lainnya disampaikan kepada wali kelas. Hal ini penting agar wali kelas dapat melakukan upaya antisipatif.

Kebiasaan Belajar

Setiap anak istimewa, ia memiliki kebiasaan yang berbeda termasuk dalam hal belajar. Menyampaikan kebiasaan belajar anak akan membantu wali kelas untuk menyesuaikannya. Misalnya anak lebih mudah menyerap pelajaran dari gambar atau media bergerak akan membantu dalam proses adaptasi.

3 riwayat penting yang seharusnya Mom sampaikan Hari Pertama Sekolah / copyright twitter @Kemdikbud_RI

Riwayat Bersosialisasi

Jika anak cenderung pemalu dan sulit untuk bersosialisai maka memberi tahu tentang riwayatnya kepada wali kelas akan membantunya dalam beradaptasi. Hal ini penting agar wali kelas dapat membantunya dan mendampinginya selama hari-hari pertama di sekolah.

Well, demikian 3 riwayat yang perlu disampaikan saat hari pertama sekolah. Agar hari pertama sekolah anak berjalan menyenangkan dan jauh dari rasa khawatir. Kalau Mom, punya pengalaman berbeda tentang hari pertama sekolah anak share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA