Sukses

Parenting

Terbukti, Ibu Memang Lebih Suka Anak Laki-laki Ketimbang Perempuan

Jika kamu punya saudara laki-laki, mungkin kamu akan merasa dia lebih dekat dengan ibu dibanding ayah. Umumnya, anak laki-laki memang menjadi kesayangan ibunya dibanding saudara-saudara perempuannya, dan hal ini ternyata bisa dibuktikan secara ilmiah.

Penelitian ini dilakukan oleh website parenting Netmums. Survey diikuti oleh 2.500 ibu-ibu dan penelitian menemukan, meski para ibu ini tahu bahwa memberikan perlakuan berbeda terhadap anak laki-laki dan perempuan itu salah, tapi hampir 90% dari mereka mengakui bahwa mereka melakukannya.

Menurut penelitian, kebanyakan ibu berpendapat dua kali lipat lebih kritis terhadap anak perempuannya dibanding anak laki-lakinya, dan para ibu juga mengakui bahwa ikatan batin ibu terhadap anak laki-laki lebih kuat dibanding anak perempuan.

Sikap para ibu yang membedakan anak-anak berdasarkan jenis kelamin dan lebih cenderung sayang ke anak laki-laki ini bahkan ada yang sangat timpang. Dari lima ibu yang ditanya, lebih dari satu ibu-ibu mengatakan bahwa mereka seringkali lebih membela anak laki-lakinya ketimbang anak perempuan jika berbuat salah atau bertengkar.

Ibu cenderung lebih sayang anak laki-lakinya/ copyright by Pixabay.com

Konsultan psikoterapi Crissy Duff, mengatakan bahwa perbedaan perlakuan ibu ini bisa menimbulkan efek negatif perubahan karakter yang serius terhadap anak-anak perempuan.

"Anak perempuan akan terpengaruh, baik secara perasaan maupun secara mental mengenai pengalaman mereka semasa dewasa di dalam keluarga. Ia bisa merasakan penolakan dan sikap negatif orangtua terhadap dirinya yang nantinya bisa memberi pandangan negatif dan sikap membenci pria. Itulah mengapa, wanita jauh lebih kritis daripada laki-laki."

Satu-satunya cara agar ibu bisa memberikan pengaruh positif baik terhadap anak laki-laki maupun perempuan adalah dengan memperlakukan dan memberi rasa sayang mereka dengan cara yang sama dan adil apa adanya. Jadi, lebih adil lah mulai sekarang ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading