Sukses

Parenting

4 Tips Agar Anak Tenang di Masjid Selama Sholat Idul Fitri

Saat lebaran tiba, kemungkinan besar kamu tidak akan meninggalkan anak sendirian di rumah, mau tak mau kamu mengajak anak ke masjid untuk sholat Idul Fitri. Sebagai ibu, salah satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah keperluan si kecil saat akan berangkat ke masjid.

Jika anak masih berusia 2-5 tahun, sekiranya masih kecil dan tidak bisa dibiarkan sendiri dan kemungkinan akan merepotkan, lakukan sekian hal ini Moms.

1. Ke kamar mandi sebelum berangkat

Tidak ingin mengantar anak ke toilet di tengah-tengah sholat kan? Sebelum berangkat ke masjid, tanya anak apakah ia ingin buang air kecil. Meski ia menolak, ajak saja untuk pipis, apalagi jika kamu tahu bahwa sebelumnya ia banyak minum.

2. Bawa baju ganti, boneka kesayangan dan botol minum

Untuk berjaga-jaga entah nanti ia pipis, menumpahkan minum ke baju dan segala kemungkinan lain, bawa tas kecil berisi semua keperluannya. Siapkan baju ganti, susu, camilan dan barang kesayangan yang sering dibawanya.

3. Bicara pada anak tentang aturan sebelumnya

Jika kamu sudah sering mengajarkan anak untuk duduk tenang dan tidak banyak bicara selagi sholat saat di rumah maupun di mushola, akan lebih mudah menjelaskan pada anak bahwa ia juga tak boleh teriak-teriak dan lari-lari saat sholat Ied. Jika perlu, buat ia berjanji untuk tidak melakukannya, dan kamu akan memberi hadiah nantinya.

4. Ajarkan anak membaca takbir

Daripada membiarkan anak berlari-lari selagi menunggu sholat, alangkah baiknya jika mengajak anak duduk di pangkuan dan menuntunnya membaca takbir bersama. Karena ucapan takbir sendiri seperti lagu, anak akan mudah menirukannya.

Itu dia yang bisa kamu lakukan jika mengajak buah hati ikut serta sholat Idul Fitri di masjid Moms. Memang agak repot, terutama jika ini pertama kalinya bagimu, namun pasti juga akan jadi pengalaman yang menyenangkan bisa lebaran bersama keluarga.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading