Sukses

Parenting

Anak Sakit Saat Perjalanan Mudik? Ini Yang Harus Mommy Lakukan!

Tradisi mudik ke kampung halaman memang kerap dilakukan masyarakat Indonesia saat merayakan hari raya. Banyak pula para orangtua yang terpaksa membawa anak-anak mereka menempuh perjalanan jauh saat mudik. Lamanya perjalanan, pergantian lingkungan, cuaca yang tidak menentu berisiko menyebabkan si kecil kelelahan yang berujung pada daya tahan tubuh menurun.

Lalu apa yang harus dilakukan moms ketika si kecil tiba-tiba sakit? Psikolog Pelangi Midi Prathami, S. Psi memaparkan orangtua harus mengetahui kondisi kesehatan anak terlebih dahulu. Jika si kecil rawan sakit atau bermasalah pada pencernaan sebaiknya sebelum mudik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Satu hal yang terpenting mom, jangan panik, kamu harus tetap sigap dengan mengamati kondisi anak apakah diperlukan obat atau tidak. Jangan pula membiarkan anak menangis terlalu lama, bila perlu hentikan kendaraan sejenak.

"Lebih dari lima jam perjalanan anak sudah mulai stres. Orangtua harus tahu apa yang harus dilakukan seperti jika anak demam sebaiknya langsung kompres, jika gangguan pencernaan atau penyebabnya dari makan apa. Bawa obat-obatan yang anak butuhkan. Serta support ayah ketika mom sedang merawat anak. Semangat ayah bisa membuat mom tidak panik," ujar Pelangi saat ditemui tim Vemale.com di Jakarta.

Agar anak nyaman sebaiknya lakukan pemijatan pada si kecil dengan minyak. Serta diusahakan agar anak tidak banyak berkeringat, karena inilah yang membuat anak menjadi rewel.

"Agar tahu ada gangguan pencernaan atau gangguan pernafasan pada si kecil. Ketika anak terlihat kurang sehat, segeralah temui dokter sebelum berangkat dengan menceritakan rencana dan situasi perjalanan pada dokter," tutupnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies. Selamat mudik.



(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading