Sukses

Parenting

Tips Kelola Salam Tempel yang Diterima Anak Jika Ia Masih Balita

Lebaran akan tiba, dan jika kamu punya anak kecil, kamu pasti akan kebanjiran salam tempel yang ditujukan untuk si kecil. Jika buah hati belum genap berusia 3 tahun atau malah berusia lebih kecil lagi, dan belum mengerti tentang uang, kamu bisa menabungkan uang tersebut untuk kebutuhan si kecil.

Tapi jika ia sudah agak besar, tahu tentang uang dan bisa diajari untuk mengelola sendiri, ini yang bisa kamu lakukan, Moms.

1. Belikan celengan
Kamu bisa membelikan 3 celengan untuk mengajarkan anak menabung. Ajarkan pada anak bahwa uang tersebut akan digunakan ketika sudah bisa terkumpul banyak dan digunakan untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Buat 3 buah celengan, beri label "Tabungan", "Dibelanjakan", dan "Berbagi", jika kamu ingin mengajarkan anak lebih detail untuk mengelola pengeluaran dan tabungannya.

2. Buat kesepakatan dengan anak
Anak juga sudah bisa diajak berdiskusi dan diajarkan untuk memiliki tujuan atau target untuk masa depannya. Terkait uang, buat anak merasa tertantang dan tertarik melanjutkan menabung, yaitu dengan menetapkan tujuan "akan dibelanjakan untuk apa uang yang dikumpulkan tersebut". Misalnya beli boneka atau mainan robot.

3. Ajarkan bahwa tidak ada pohon uang
Anak juga perlu paham konsep bahwa membeli butuh usaha agar anak tidak berpikir bahwa apa pun yang dia inginkan bisa didapat. Ia perlu berusaha untuk mendapat apa yang dia inginkan, dan menabung jadi salah satu caranya.

Dengan begitu, anak akan terbiasa mengatur uangnya dengan bijak, tidak bersifat boros dan tahu bahwa apa yang diusahakannya adalah hasil yang akan membuatnya bangga juga.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading