Sukses

Parenting

Tips Agar Anak Dapat Mengendalikan Ego, Lakukan 5 Hal Ini

Mom pernah melihat si kecil yang enggan berbagi mainan atau camilan? Hal ini sebenarnya wajar bagi anak seusianya. Hmm, belum tentu sikapnya dianggap sebagai egois. Anak yang egois adalah ia yang selalu ingin menang sendiri dan tidak mau mengalah. Dalam berbagai kesempatan ia akan selalu mencari pembenaran atas sikapnya.

Tahukah jika sikap egois ini dapat dikendalikan? Berikut adalah 5 hal yang dapat Mom lakukan untuk mengendalikan ego anak sejak dini.

    Perkenalkan Rasa Peduli

    Mengenalkan rasa peduli pada anak sangat penting, agar ia memiliki empati. Kenalkan anak dalam memahami situasi dan perasaan orang lain. Ajarkan ia untuk peka menolong orang yang ada di sekitarnya, dengan demikian ia akan menjadi peduli dan dapat mengendalikan egonya.

    Daripada Perintah Lebih Baik Contoh

    Anak-anak lebih muda mencontoh tindakan alih-alih mendengarkan ucapan. Mom dapat memberikan contoh bagaimana kamu meminjamkan barang kepada orang lain. Hal ini akan membuat ia lebih memahami makna berbagi.

    Biasakan untuk Berbagi

    Anak-anak belum bisa membedakan antara berbagi dan menyerahkan kepemilikan. Untuk itu Mom biasakan untuk mengajarkan berbagi pada anak, jelaskan dengan berbagi mainan bukan berarti barang miliknya menjadi milik orang lain. Dengan pemahaman sederhana ini akan membantu si kecil dalam mengurangi egonya.

    Biasakan untuk Bermain Bersama

    Untuk membiasakan berbagi, ajak anak bermain bersama dengan teman-temannya. Bermain di Play Ground akan membuatnya belajar bahwa mainan di sana adalah milik umum, yang semua anak dapat bermain dan bersenang-senang di sana.

    Jangan Pelit Pujian

    Saat anak melakukan hal baik tidak ada salahnya Mom memberikan pujian kepadanya. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih percaya diri dan semangat untuk melakukan kebaikan. Jadi jangan pelit pujian ya.

Mom, demikian 5 hal yang dapat dilakukan agar anak dapat belajar dalam mengendalikan egonya. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading