Sukses

Parenting

7 Jenis Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh pola makannya. Makanan dan minuman yang dikonsumsi besar pengaruhnya pada perkembangan anak, khususnya perkembangan otak. Baik tidaknya kemampuan konsentrasi dan kognitif anak pun juga bisa tergantung dari asupan makanannya.

Dilansir dari webmd.com, psikiater Drew Ramsey, MD, yang juga penulis The Happiness Diet and Fifty Shades of Kalemengatakan bahwa saat anak sudah mulai aktif sekolah dan punya kesibukan bermain dan belajar, apa yang mereka makan mempengaruhi kemampuan konsentrasi dan kognitifnya. Lalu makanan apa saja yang baik untuk perkembangan otak anak?

1. Telur

Kandungan protein dan nutrisi telur sangat membantu anak untuk meningkatkan daya konsentrasinya. Membuatkan sarapan yang mengandung telur setiap pagi bisa jadi cara termudah untuk membantu mendukung perkembangan otak anak.

2. Greek Yogurt

Laura Lagano, RD mengatakan bahwa lemak itu penting untuk otak. Greek yogurt (yang kandungan proteinnya lebih banyak dari jenis yogurt lainnya) bisa menjaga sel-sel otak berfungsi optimal dalam menerima dan mengirim informasi.

3. Sayuran Hijau

Bagaimana pun caranya, anak perlu diperkenalkan dengan sayuran hijau sejak dini. Sayuran hijau seperti bayam dan kale kaya akan folat dan vitamin. Kale pun kaya akan antioksidan yang bisa membantu sel-sel otak untuk berkembang.

4. Ikan

Ikan merupakan sumber vitamin D dan omega-3 yang dapat melindungi otak dari penurunan daya ingat dan kemampuan mental. Ikan salmon, tuna, dan sarden merupakan sebagian jenis ikan yang akan omega-3. Omega-3 ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

5. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kaya akan protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa meningkatkan suasana hati (mood) dan menjaga sistem saraf dengan baik.

6. Oatmeal

Oatmeal yang kaya protein dan serat bisa menjaga pembuluh arteri jantung dan otak bersih. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang mengonsumsi oatmeal manis bisa mengerjakan tugas-tugas sekolah yang berkaitan dengan daya ingat lebih baik daripada anak-anak yang mengonsumsi sereal manis.

7. Buah Apel dan Plum

Untuk bekal anak, bisa coba siapkan buah apel atau buah plum. Buah-buahan segar kaya vitamin seperti apel dan plum bisa jadi pilihan sehat untuk pola makan sehat anak.

Yang perlu digarisbawahi lagi adalah tetap seimbangkan gizi dan nutrisi anak. Cara mengolah makanan pun perlu diperhatikan dengan benar. Memberikan makanan yang sehat merupakan langkah awal untuk membantu perkembangan otak anak.

Semoga infonya bermanfaat, Moms!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading