Sukses

Parenting

Hasil Penelitian: Anak Bungsu Lebih Humoris dan Kreatif

Urutan lahir sedikit banyak memang bisa mempengaruhi karakter dan kepribadian seseorang. Kepribadian anak sulung bisa sangat berbeda dengan anak bungsu. Meski lahir dari orang tua yang sama, karakter anak bisa tak sama satu sama lain. Dan ada sebuah penelitian yang menarik terkait karakter seorang anak bungsu.

Dilansir dari lifehack.org, sebuah penelitian yang dilakukan oleh YouGov(sebuah komunitas online global) menyebutkan bahwa ada perbedaan besar pada karakter kepribadian antara anak sulung dan anak bungsu. Disebutkan pula bahwa anak bungsu cenderung lebih humoris.

Dalam penelitian tersebut, para partisipan diminta untuk menjabarkan bagaimana selera humor mereka dibandingkan saudara-saudara mereka. Selain itu, penelitian tersebut juga mengukur tanggung jawab, kemampuan organisasi, dan ketegasan. Hasilnya, anak sulung cenderung gampang meramaikan suasana dan suka menghibur anggota keluarganya.

Foto: copyright YouGov.com

Berikut ini penjelasan lebih lengkap soal empat kelebihan menjadi anak bungsu. Let's find out!

Berjiwa Petualang dan Suka Mencoba Hal-Hal Baru

Frank Sulloway, penulis Born to Rebeldan peneliti urutan lahir membuat penelitian yang juga menarik. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa anak sulung cenderung memiliki jiwa petualang dan suka mencoba hal-hal baru. Hal ini karena anak bungsu biasanya akan mencari peran dalam keluarga yang belum dimiliki oleh kakak-kakak mereka. Karena peran pemimpin biasanya sudah "diambil" oleh kakak, maka sang adik biasanya akan lebih suka mencoba hal-hal baru dan lebih terbuka pada hal-hal yang tak biasa.

Nggak Kaku dan Humoris

Menurut YouGov,anak bungsu umumnya memiliki karakter yang nggak kaku. Hal ini bisa dipengaruhi oleh gaya pengasuhan orang tua yang lebih santai pada anak bungsu, sebab orang tua sudah punya pengalaman yang lebih matang ketika membesarkan anak sulung. Anak bungsu juga biasanya lebih humoris. Dia bisa terlihat lebih ceria dan lepas ketika berada di sebuah situasi yang baru.

Mudah Bergaul

Kevin Leman, psikolog dan juga penulis The Birth Order Bookmengatakan bahwa orang tua sudah merasa lebih santai ketika anak bungsu lahir dan nggak gampang was-was lagi seperti ketika menyambut anak sulung. Sehingga, anak bungsu biasanya tak memiliki tanggung jawab sebanyak anak sulung. Akhirnya, ia tumbuh jadi lebih sosial dan gampang bergaul. Kemampuan bersosialisasinya bisa lebih baik.

Lebih Kreatif

Jika sejumlah penelitian menyebutkan kalau anak sulung cenderung memiliki IQ di atas rata-rata, anak bungsu biasanya lebih kreatif. Kenapa bisa begitu? Salah satu alasannya adalah karena perhatian yang diberikan orang tua pada anak bungsu tak sebanyak anak sulung. Mungkin kesannya agak negatif tapi salah satu kemungkinan yang paling besar terjadi adalah anak bungsu jadi punya lebih banyak kesempatan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dengan berbagai macam cara kreatif.

Hasil penelitiannya menarik, ya Ladies. Kamu sebagai anak bungsu, apakah juga merasa memiliki kualitas dan kelebihan itu?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading