Sukses

Parenting

Menjadi Ibu yang Bekerja, Bukan Berarti Tak Ada Waktu untuk Anak

Setiap wanita berhak menentukan pilihan dan keputusan sendiri dalam hidupnya. Termasuk pilihan untuk tetap berkarier atau tidak setelah menikah dan memiliki anak. Dan di sini tak ada yang harus dihakimi mana yang baik atau yang paling benar. Karena setiap wanita punya prioritas dan kebutuhannya masing-masing.

Tetap bekerja berkarier bagi seorang wanita biasanya lebih dari sekadar mencari uang. Ada kebutuhan untuk berkarya dan mengembangkan potensi diri dengan berkarier. Dengan kemampuan untuk membagi setiap prioritas dengan seimbang, seorang ibu pun yang bekerja pun masih bisa punya waktu untuk anak. Tumbuh kembang anak pun masih bisa diperhatikan dengan baik setiap saatnya.

Setiap Keputusan Pasti Ada Konsekuensinya Sendiri

Dalam menjalani setiap pilihan yang kita ambil, kita hanya perlu yakin bahwa kita tak akan pernah sendiri. Meski ada banyak konsekuensi dan risiko yang harus kita hadapi, kita perlu yakin bahwa akan selalu ada orang-orang terdekat kita yang mendukung dan memberi kita semangat.

Foto: copyright wishesmessages.com

Menjadi ibu yang bekerja, mengatur waktu bisa jadi hal yang paling sulit. Tapi di sini justru kita akan lebih bisa menghargai setiap detik waktu yang kita punya. Sehingga bukan cuma soal kuantitas yang kita permasalahkan tapi juga kualitas. Meski waktu yang dimiliki bersama anak tak banyak tapi bukan berarti tak bisa bahagia, kan?

Semua Kesulitan Jadi Pembelajaran Tersendiri

Mungkin terasa berat ketika harus meninggalkan anak di rumah sementara kita pergi bekerja. Tapi itu bukan berarti kita tak menyayangi anak kita. Jelas akan ada proses adaptasi yang perlu kita jalani. Mungkin akan terasa tidak mudah pada awalnya. Tapi seiring waktu, kita pasti akan bisa menjalaninya dengan baik.

Foto: copyright brightdrops.com

Saat sudah menjadi seorang ibu, kita akan terkejut dengan kekuatan-kekuatan baru yang kita miliki. Setiap kesulitan justru jadi proses pembelajaran sendiri. Membuat kita jadi sosok yang lebih kuat lagi. Bahkan bisa lebih menghargai dan mensyukuri setiap hal kecil yang dimiliki dan dipunya dalam keluarga.

Kita Mungkin Tak Sempurna Tapi Selalu Bisa Mengusahakan yang Terbaik

Sebagai ibu, mungkin kita tak bisa benar-benar sempurna. Ada saja kesalahan yang dibuat. Ada saja hal-hal yang belum bisa dilakukan dengan baik. Tapi kita selalu bisa mengusahakan yang terbaik. Kita selalu bisa melakukan yang terbaik. Dengan pilihan yang kita ambil sebagai ibu yang masih tetap bekerja, pasti ada saja orang yang suka sok menghakimi. Namun, selama pilihan yang kita ambil bisa memberi kebaikan dan kebahagiaan untuk kita dan orang-orang tercinta kita maka segalanya pasti akan berjalan baik-baik saja.

Foto: copyright growingyourbaby.com

Menyeimbangkan waktu dan prioritas untuk semua hal memang tak mudah. Mulai dari urusan pekerjaan hingga tanggung jawab mendidik anak dengan baik. Meski begitu, kita bisa selalu meminta bantuan dan pertolongan dari orang-orang di sekitar kita.

Tetap semangat ya Moms. Semua usaha, kerja keras, dan jerih payah pastinya akan terbayar pada akhirnya. Semoga kebaikan dan keberkahan selalu melingkupi keluarga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading