Sukses

Parenting

Menyiapkan Anak Masuk PAUD/TK, Ini yang Perlu Moms Lakukan

Menyiapkan diri untuk masuk sekolah pertama kali seharusnya jadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Saat akan masuk PAUD atau TK untuk pertama kali, kita sebagai orang tua pun perlu membantunya dengan seoptimal mungkin. Jangan sampai kita lepas tangan begitu saja, ya Moms.

Masa transisi atau peralihan ini bisa sangat penting atau krusial bagi anak. Kalau tak disiapkan dengan baik, anak bisa merasa stres atau tertekan sehingga tak bisa menikmati pengalaman barunya. Agar anak semangat dengan hari pertamanya masuk sekolah, lakukan ini yuk!

    Mengunjungi Sekolah Bersama

    Biar anak nggak kaget saat pertama kali masuk sekolah, ajak ia untuk melihat-lihat sekolahnya. Setidaknya buat dia merasa lebih familiar dengan suasana yang akan dihadapinya nanti. Perlihatkan hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukannya nanti. Tak perlu terlalu formal, dengan izin pihak sekolah, Moms bisa ajak si kecil untuk mengenali kelas dan lingkungan sekolahnya yang baru tersebut dengan lebih rileks.

    Bacakan Buku Soal Pengalaman Pertama Masuk Sekolah

    Sering rutin membacakan dongeng untuk si kecil? Nah, momen ini bisa dimanfaatkan untuk membantu anak lebih siap masuk sekolah. Coba cari buku atau kisah soal pengalaman pertama masuk sekolah. Pilih yang ceritanya menyenangkan dan memberikan perasaan senang saat membacanya. Sehingga anak bakal lebih semangat ketika ia mendapatkan pengalaman barunya nanti.

    Sesuaikan Jadwal Harian dengan Jadwal Sekolah

    Bangun pagi, mandi, dan sarapan perlu dibuat jadwal yang baru. Sesuaikan dengan jadwal sekolah yang nanti akan dijalani anak. Setidaknya dua minggu sebelum masuk sekolah, bantu anak untuk membiasakan diri bangun pagi dan bersiap-siap untuk sekolah. Nggak perlu terlalu memaksa. Semangati dan motivasi anak untuk memiliki kebiasaan yang baik. Kalau perlu beri reward atau hadiah juga saat ia berhasil melakukan kebiasaan baik yang baru.

    Bertemu dengan Anak Lain

    Ada tetangga atau kenalan yang anaknya juga akan masuk sekolah yang sama dengan si kecil? Coba buat jadwal untuk bertemu. Sekadar bertemu untuk main atau menghabiskan waktu bersantai bersama. Saat di sekolah anak perlu bersosialisasi. Dan agar dia tak merasa kagok atau bingung untuk bersosialisasi untuk pertama kalinya di sekolah, coba luangkan waktu untuk mempertemukannya dengan calon teman sekolahnya saat di rumah atau di luar rumah.

    Buat Aturan yang Bisa Disepakati Bersama

    Mungkin anak masih terlalu kecil untuk bisa langsung disiplin atau mengikuti aturan. Tapi tetap saja penting untuk memiliki aturan yang bisa disepakati bersama ketika sudah sekolah. Seperti jam 6 pagi harus sudah bangun pagi, berani masuk kelas sendiri tanpa ditemani orang tua, dan pulang sekolah boleh main tapi habis itu tidur siang. Tak perlu terlalu membebani dengan jadwal yang padat dulu. Pelan-pelan saja, buat dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Itu tadi tips-tips sederhana yang bisa Moms lakukan untuk membantu anak mempersiapkan pengalaman pertamanya masuk sekolah. Atau mungkin Moms punya tips lain yang lebih baik saat mempersiapkan si kecil masuk sekolah untuk pertama kali?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading