Sukses

Parenting

Cara Mudah dan Fun Mengajarkan Anak Berbahasa Asing

Mengajarkan anak berbahasa asing memang sebaiknya diajarkan sejak dini. Namun, mom harus paham metode apa yang harus diberikan pada anak dalam mempelajari berbahasa asing, agar si buah hati tidak stress.

Meta Fadjria selaku pengajar senior di EF English First pun menjelaskan jika mengajarkan bahasa asing pada anak usia dini membutuhkan metode dan program yang tepat dan tidak lepas dari pendampingan intensif orangtua. Siapapun bisa menjadi multilingual dan untuk mewujudkannya dibutuhkan peran serta yang aktif dari orangtua, sehingga anak dapat terbiasa dan pada akhirnya mahir menggunakan bahasa tersebut.

“Usia tiga hingga enam tahun merupakan usia yang tepat untuk diajarkan bahasa Inggris secara lebih terstruktur,” ujar Meta.

Mom pun bisa memberikan anak proses pembelajaran pada program Small Stars. Lalu apa itu Small Stars? Yaitu proses pembelajaran yang didasarkan pada metode EFEKTA System, dimana anak akan melalui tahapan Learn, Try, Apply, kemudian Certify.

Pada tahapan Learn, anak mempelajari materi bahasa Inggris melalui buku dan interaksi dengan guru yang profesional, serta disesuaikan dengan perkembangan usia anak. "Small Stars mengedepankan unsur fun melalui tokoh kartun jenaka di sepanjang kursus, kegiatan menarik di kelas, nyanyian, flash cards, cerita pendek, hingga permainan yang membuat anak tidak stress dalam menyerap bahasa Inggris," tambah Meta

Kemudian pada tahapan Try, anak senantiasa didorong untuk mencoba berbicara bahasa Inggris kepada teman sekelas dan guru. Mereka belajar bagaimana caranya menulis huruf dan berani mengutarakan pendapatnya. Melalui proses ini, anak secara tidak langsung dipersiapkan untuk menghadapi masa sekolah.

Sementara pada tahapan Apply, sang buah hati akan mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dalam keadaan nyata melalui kegiatan Life Club. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan imersi bahasa Inggris pada anak sehingga mereka bisa berkomunikasi dalam konteks nyata.

Lalu pada tahap akhir, Certify, anak diberi apresiasi atas kesuksesan mereka menuntaskan satu buku atau satu tahapan dalam Small Stars. Orangtua juga dilibatkan dalam proses ini, sehingga anak dapat terus termotivasi untuk belajar.

Meta menekankan perlunya kerjasama antara anak, orangtua dan guru pembimbing. “Kunci keberhasilan dalam mengajarkan anak untuk bisa menguasai bahasa asing sejak dini adalah dukungan dan konsistensi dari orangtua. Tugas kami adalah sebagai partner untuk mendampingi anak bersama orangtua dalam menjalani proses pembelajaran bahasa asing melalui program-program yang kami miliki,” jelas Meta.

Hal tersebut pun diungkapkan artis cantik Donna Agnesia mengungkapkan bahwa dirinya memerlukan patner dalam mengajarkan anak-anaknya berbahasa asing.

“Saya sebagai orangtua kerap tak punya cukup waktu untuk bisa mengajarkan anak-anak bahasa Inggris dengan intensif. Karena itu saya membutuhkan partner yang dapat memberikan pelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak saya lebih intensif dan memiliki metode belajar yang sesuai dengan yang saya harapkan,” ungkap Donna.

(vem/asp/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading