Sukses

Parenting

Jalin Cinta Selama 25 Tahun, Ini Kunci Hubungan Awet Romy Rafael

Saat ini fenomena perceraian semakin ramai saja Ladies. Pernikahan hanya berlangsung seumur jagung dan harus berakhir di meja hijau karena berbagai penyebab. Dilansir oleh KapanLagi.com (31/1), Romy Rafael pun punya rahasia sendiri agar hubungan bisa langgeng dan adem ayem. Menurutnya kunci paling penting adalah komunikasi.

Romi Rafael melihat pentingnya komunikasi antar manusia. Bahkan ia melihat sebuah komunikasi sebagai sebuah seni yang perlu dijaga oleh setiap individu. Ini ia rasakan sendiri dalam menjalin hubungan dengan istrinya selama 25 tahun lamanya. Keduanya berpacaran dulu selama 10 tahun sebelum akhirnya menikah. Kini usia rumah tangga keduanya sudah menginjak 15 tahun, sungguh bukan waktu yang singkat.

"Hubungan orang baik individu dengan kelompok mau pun individu dengan individu nggak seperti menulis buku manual, gak bisa saklek. Itulah penggabungan yang kita lakukan. Itu kan nggak selalu happy, naik turun. Gimana kita harus melalui itu semua, itulah yang kita komunikasikan," ujar Romy.

Romy semakin merasakan pentingnya komunikasi saat melihat banyak temannya yang memutuskan untuk berpisah. Bahkan ia mengaku menemukan 4 dari 5 sahabatnya berpisah.

"Karena tahu sendiri teman-teman saya ngetop sedikit istri ditinggalin. Ada yang gini, gitu," ujar Romy.

Dari perpisahan pasutri Romy melihat bahwa anak lah yang menjadi korban. Menurut Romy, ini bisa dicegah bila satu dengan yang lain memahami cara berkomunikasi yang baik dalam rumah tangga.
Foto: copyright KapanLagi.com
"Ada orang yang berantem sama bossnya hanya karena nggak ngerti cara ngomongnya ke bossnya. Bahkan sinyal radio itu ada frekuensi. Kalau receivernya AM radionya FM, ga akan nyambung. Intinya kita mau komunikasikan itu ke public. Kalau kita tahu perasaan orang kita gak bisa hidup damai sama grup atau sama orang itu," paparnya.

Romy percaya bahwa ketika dua orang hidup bersama dalam waktu yang cukup lama, akan tercipta sugesti di antara mereka. Dari hal yang kecil sampai yang esensial. "Misalnya mau nonton apa, mau makan apa? Nggak perlu ngomong tiba-tiba dia tahu. Tetapi itu nggak bisa dikontrol, kaya dapetin sinyal tiba-tiba," candanya.

Nah Ladies, kembali lagi kunci paling penting adalah komunikasi. Karena itu jangan segan-segan untuk mengungkapkan apa yang kamu ingin utarakan pada pasangan agar tak sampai terjadi salah paham yang bisa mengakibatkan perceraian ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading