Sukses

Parenting

5 Cara Mengungkap Rasa Sayang & Cinta Pada Orang Terkasih

Mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang kepada pasangan memang hal yang mudah bagi setiap orang. Namun ketika kita ingin mengungkapkan rasa tersebut pada keluarga atau teman rasanya begitu sulit.

Kira-kira siapa sih ladies yang merasakan hal yang sama? Padahal, rasa kasih sayang dan cinta memiliki makna yang cukup luas, tidak melulu soal pasangan, namun orang-orang yang berada di sekitar kita seperti orang tua, saudara kandung, atau teman.

Menurut Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo, M. Psi, kasih sayang yang merupakan perasaan lembut mendalam dari satu orang ke orang lainnya akan berdampak pada kesejahteraan psikologis setiap orang.

"Kasih sayang termasuk kebutuhan primer, merasa disayang dan menyayangi seseorang memiliki efek yang besar. Itulah sebabnya, mengapa kita harus mengekspresikan kasih sayang kepada orang lain," ujarnya.

Rasa sayang/ copyright by Shutterstock.com

Sebenarnya, untuk mengekspresikan rasa sayang dan cinta kita terhadap orang sekitar banyak sekali caranya. Psikolog Bona pun menjelaskan, ada lima bahasa cinta yang bisa kita kenali.

Pertama adalah melalui ucapan dan kata-kata. Seperti mengucapkan 'I love you' pada seseorang yang kita sayangi dan tak ragu memberikan pujian bagi mereka.

"Selanjutnya adalah melalui waktu yang berkualitas. Seseorang akan merasa disayangi ketika mereka memiliki waktu yang berkualitas satu sama lain. Tidak sibuk main ponsel atau bekerja. Fokus dan memperhatikan dirinya,"tuturnya.

Selain itu, mengungkapkan rasa sayang dan cinta juga bisa melalui sentuhan yang lembut. Seperti pelukan, pijatan atau gendongan seorang ibu pada anaknya. Bona menambahkan, untuk menunjukkan kasih sayang, seseorang setidaknya bisa saling memeluk minimal delapan kali sehari.

copyright by Shutterstock.com

Melayani seseorang yang kita sayang dengan tulus dan ikhlas juga menjadi salah satu cara mengungkapkan rasa kasih sayang dan cinta. Contohnya, seorang ibu yang memasak untuk keluarganya, membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah dan saling tolong menolong.

"Yang terakhir adalah melalui pemberian. Siapa yang tak senang diberi hadiah? Seperti bunga, cokelat, atau barang-barang lainnya? Ini juga merupakan ungkapan kasih sayang pada seseorang yang kita cintai," tutup Bona.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading