Sukses

Parenting

Rajin Makan Vitamin D Saat Hamil, Cegah Gigi Berlubang Pada Anak

Kehamilan bukan hanya jadi kabar baik yang menggembirakan, ada banyak tanggung jawab yang juga harus kamu tanggung agar perkembangan bayi sehat hingga waktunya dilahirkan. Akan ada banyak aturan ini itu yang harus kamu lakukan demi kesehatan bayi, salah satunya mencukupi kebutuhan vitamin D.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Pediatrics, menyebutkan bahwa bumil sebaiknya mencukupi vitamin D untuk mengurangi risiko kerusakan gigi berlubang saat anak tumbuh jadi balita nanti.

Enamel gigi bayi sebenarnya sudah berkembang sejak dalam kandungan, itulah mengapa para peneliti menyarankan para ibu hamil untuk tidak lupa mengonsumsi makanan kaya vitamin D. Dalam penelitian tersebut, peneliti menyebutkan bahwa konsumsi vitamin D bisa diperbanyak saat trimester kedua dan ketiga masa kehamilan.

Konsumsi vitamin D yang cukup membantu memperkuat gigi dan tulang bayi. Dan saat tumbuh menjadi balita, kemungkinan anak mengembangkan gigi berlubang juga semakin kecil, dibanding balita yang tidak mendapat cukup vitamin D saat masih dalam kandungan ibu. 

Untuk mendapatkan vitamin D, bumil bisa makan telur dan jamur serta rajinlah jalan-jalan pagi sehingga bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang hangat dan kaya vitamin D. Konsultasikan juga pada dokter kandungan untuk lebih jelasnya ya ladies, karena kebutuhan nutrisi, khususnya vitamin D, setiap ibu hamil bisa jadi berbeda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading