Sukses

Parenting

Setelah Berhenti Minum Pil KB, Ini Waktu Yang Tepat Untuk Hamil

Untuk menjaga tubuh agar tidak mudah hamil, kebanyakan wanita pastikan menjalani proses KB atau keluarga berencana. Alat kontrasepsi atau pengontrol kehamilan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya minum pil KB.

Tapi jika kamu ingin punya anak, kamu pasti harus menghentikan konsumsi pil KB dan membuat tubuhmu siap dulu untuk mengandung. Tapi kandungan obat masih ada dalam tubuh sehingga butuh waktu juga untuk menghilangkan efek obat. Pertanyaannya, kapan kah waktu yang tepat?

Dokter Robin Elise Weiss, PhD dalam verywell.com mengatakan bahwa waktu yang tepat menyiapkan tubuh untuk hamil lagi ketika berhenti minum pil KB adalah 2-3 kali masa menstruasi atau 2-3 bulan setelah berhenti minum pil KB.

Dokter beranggapan bahwa memutuskan hamil segera setelah berhenti minum pil KB akan memperbesar risiko keguguran. Setelah berhenti minum pil KB, kemungkinan kamu akan mengalami ovulasi dalam waktu 2-6 minggu berikutnya. Tunggu hingga siklus menstruasi lancar.

Namun setiap tubuh wanita terkadang memiliki reaksi yang berbeda-beda setelah berhenti minum pil KB. Konsultasi ke dokter kandungan atau bidan juga disarankan, karena kan lebih baik jika kamu mengetahui secara medis kondisi tubuhmu sebelum memutuskan untuk hamil ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading