Sukses

Parenting

Suka Mengonsumsi Mie Instan Selama Kehamilan? Sebaiknya Baca Ini Dulu Deh...

Mie Instan. Siapa sih yang tidak mudah jatuh cinta dengan makanan satu ini? rasanya yang lezat dengan berbagai macam varian rasa dan cara membuatnya yang cukup praktis menjadikan mie instan banyak digemari orang dari berbagai kalangan usia.

Karena kepraktisan dan rasanya yang lezat, mie instan menjadi makanan favorit dari banyak orang. Tapi, meski lezat dan praktis, kita tetap tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengonsumsinya, terutama saat hamil.

Seperti dilansir dalam laman www.momjunction.com, mie instan memiliki banyak kandungan bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan frekuensi yang terlalu sering.

Dalam satu bungkus mie instan, Anda pasti menemukan banyak kandungan zat kimia seperti natrium polifosfat,  natrium karbonat dan kalium karbonat, serta penguat rasa monosodium glutamate yang jika dikonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan resiko yang kurang menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

meski demikian, bukan berarti mie instan 100% berbahaya bagi tubuh. Selain kandungan bahan-bahan kimia yang telah disebutkan, mie instan juga mengandung karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, B1, B6, C, B12, asam folat , kalsium serta zat besi, hanya saja dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Nah, jika Anda termasuk yang gemar atau bahkan kecanduan mie instan saat kehamilan, Anda sebaiknya perlu mempertimbangkan frekuensi konsumsi Anda. Mie instan boleh saja Anda konsumsi, tapi usahakan untuk tidak mengonsumsi mie instan dalam jumlah banyak dan frekuensi yang terlalu sering.

Selain itu, sebaiknya perhatikan cara memasak mie instan yang dianjurkan berikut ini:

  • Rebus mie dengan dengan dua kali takaran air dari yang disarankan, kemudian angkat mie dan buang air rebusannya, lalu rebus kembali.

 

  • Lengkapi dengan sayuran sehat dan lauk pauk sehat lainnya. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Karena mie instan mengandung cukup banyak bahan kimia, makanan pelengkap ini akan membantu menjadi penyeimbang nutrisi yang masuk dalam tubuh.

 

  • Hindari mengonsumsi mie instan langsung dari plastik atau stereofoam. Zat kimia yang terdapat dalam plastik maupun stereofoam jika tercampur dengan panas maka akan membentuk senyawa kimia yang bersifat karsinogen.


Nah, itulah seputar info tentang mie instan dan keamanannya untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading