Sukses

Parenting

Setelah Melahirkan Berapa Lama Wanita Bisa Hamil Lagi?

Ada lho wanita yang sehabis melahirkan tiba-tiba dia hamil lagi. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab, yang terutama adalah kurang hati-hati dan melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan pasca melahirkan.

Tidak banyak orang tahu bahwa setelah melahirkanpun wanita bisa segera hamil. Alhasil, tanpa pemakaian pelindung hubungan seksualpun dilakukan. Dilansir Boldsky, inilah informasi yang wajib Anda ketahui soal kehamilan pasca melahirkan.

5 minggu pasca melahirkan

5 minggu setelah Anda melahirkan, Anda akan kembali masuk dalam masa subur. Sehingga apabila Anda ingin berhubungan intim dengan suami, lebih baik gunakan pelindung untuk mengontrol kehamilan.

Setelah masa nifas

Masa nifas adalah masa di mana setelah melahirkan, seorang wanita mengalami pendarahan terus menerus. Setidaknya hal ini berlangsung 6-8 minggu pasca melahirkan.

Sisa darah yang keluar tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi, sehingga jangan berpikir bahwa Anda aman melakukan hubungan intim karena Anda bisa saja hamil.

Setelah menstruasi pertama pasca melahirkan

Siklus menstruasi wanita pasca melahirkan tidak kembali normal setidaknya enam bulan setelah melahirkan. Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak bisa hamil saat berhubungan seksual di masa itu, namun nyatanya pembuahan bisa saja terjadi.

Pada saat menyusui

Di masa menyusui, mitos mengatakan bahwa wanita tidak akan hamil lagi. Nyatanya, berhubungan intim di masa menyusui tetap dapat menyebabkan kehamilan.

Apabila memang Anda merencanakan kehamilan susulan pasca melahirkan, lebih baik konsultasikan dengan dokter perihal tersebut. Atau setidaknya tunda dan berikan jarak pada anak, sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang sehat.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading