Sukses

Parenting

Amniocentesis Test Untuk Air Ketuban Sedikit

Ladies, pernahkah mendengar istilah ini? Iya, amniocentesis merupakan salah satu test yang dilakukan saat Ladies mengalami air ketuban sedikit. Seperti apa ya test ini? Sebelum membahas test ini terlebih jauh, pertama kita ulas sedikit mengenai apa hubungan test ini dengan air ketuban sedikit.

Air ketuban sedikit atau oligohydramniaos adalah keadaan dimana Ladies mengalami jumlah air ketuban di bawah angka normal, biasanya level normal untuk air ketuban adalah 5. Nah, jika air ketuban ini sedkit, ini akan mengganggu pertumbuhan janin.

Biasanya bayi Ladies akan mengalami masalah pada perkembangan paru-parunya. Seperti yang dilansir dari laman pregnancy.lovetoknow.com, test ini adalah untuk melihat perkembangan bayi saat dikelilingi oleh air ketuban sedikit.

Test ini dilakukan melalui pengambilan contoh air ketuban di dalam rahim, kira- kira sebanyak dua sendok makan. Ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum pada perut Ladies dan mengambil air ketuban. Proses ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena bisa saja melukai bayi yang ada dalam rahim.

Pengambilan air ketuban ini bertujuan untuk melihat perkembangan bayi melalui sel-sel yang terkandung pada air ketuban, melalui air ketuban ini dokter bisa mendeteksi jika ada masalah genetik yang mungkin terjadi pada perkembangan sang buah hati.

Meskipun test ini perlu dilakukan, namun masih mungkin untuk memberi dampak pada Ladies. Apapun itu, yang Ladies inginkan adalah kehamilan yang sehat, pasti untuk mendapatkannya Ladies rela melakukan apa saja demi sang buah hati, benar bukan?

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading