Sukses

Parenting

Air Ketuban Sedikit Atau Dikenal Dengan Oligohidramnion

Air ketuban sedikit yang ada di dalam rahim seorang ibu ternyata dapat menyebabkan suatu permasalahan yang serius. Mungkin Anda tidak sering mendengar kasus kehamilan yang terjadi di seputar ketuban. Nah, sekarang saatnya Anda harus lebih berhati-hati dan waspada terhadap jumlah air ketuban yang ada pada masa kehamilan Anda.

Air ketuban yang sedikit adalah situasi yang mengganggu lancarnya proses kehamilan bahkan persalinan. Dalam bahasa medis, air ketuban sedikit sering disebut dengan oligohidramnion.

Menurut pregmed.org, oligohidramnion adalah kondisi yang tidak normal yang terjadi selama masa kehamilan yang diakibatkan oleh minimnya cairan ketuban yang ada di dalam rahim.

Anda pastinya sudah mengetahui bahwa air ketuban sangat memegang peranan penting pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika terjadi masalah pada air ketuban, maka sedikit banyak akan mengganggu tumbuh kembang janin dan juga hal-hal lainnya.

Biasanya, oligohidramnion ini terjadi selama 3 bulan terakhir sebelum persalinan, bahkan juga bisa terjadi melewati batas kehamilan normal. Di sisi lain, tidak hanya air ketuban sedikit yang dapat menuai masalah pada kehamilan, air ketuban yang terlalu banyakpun akan menjadi masalah tersendiri. Dalam dunia medis, air ketuban yang terlalu banyak disebut dengan polihidramnion.

Sudah tahu kan, apa itu air ketuban sedikit atau oligohidramnion? Paling tidak, bekal Anda dalam menghadapi kehamilan akan lebih banyak dan matang agar kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading