Sukses

Parenting

Bagaimana Cara Mendeteksi Air Ketuban Sedikit?

Moms, pada dasarnya, tak ada yang perlu dikhawatirkan saat memiliki air ketuban sedikit. Kondisi ini berlaku bila dokter mengetahui tentang kondisi ini. Jangan sampai hal ini membuat stress yang berakibat pada perkembangan si bayi.

Nah, bagaimana sih sebenarnya, cara untuk mendeteksi air ketuban sedikit?

Dilansir oleh babycentre.co.uk, dokter atau bidan akan mensuspek seorang pasien memiliki air ketuban sedikit bila perut terlihat tidak sesuai dengan kehamilan, lebih kecil dari yang seharusnya. Ada ukuran tertentu untuk usia kehamilan tertentu, Moms.

Seorang dokter atau bidan, pasti akan mengecek air ketuban bila seorang ibu hamil pernah sebelumnya mengandung dengan masalah ini. Kemungkinan, kehamilan selanjutnya bisa juga mengalami masalah ini.

Penyakit tertentu juga bisa mengakibatkan air ketuban sedikit. Ambil saja contoh penyakit lupus. Jika tekanan darah tidak stabil, hal ini mungkin juga tanda-tanda dari air ketuban sedikit.

Jika cemas, sebaiknya segera minta dokter melakukan USG. USG dapat melihat dengan jelas apa yang terjadi di dalam kandungan, apalagi USG 3D. Dengan hal ini, dokter dapat menghitung apakah jumlah air ketuban telah sesuai atau belum.

Dari kebanyakan kasus, air ketuban sedikit pada awal trisemester biasanya mengarah pada keguguran, Moms. Kemungkinan lainnya, hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan si bayi. Tetapi, jangan berhenti berusaha. Terus berkonsultasi dengan dokter ya, Moms.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading