KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Tanda-Tanda Melahirkan Ini Jarang Disadari Para Ibu Hamil

Jum'at, 14 Februari 2014 08:30 Penulis: rsk
Foto: copyright shutterstock.com

Vemale.com - Meskipun berat, sebagian besar ibu pasti merasa sangat bahagia saat hamil. Detik-detik menunggu kehadiran sang buah hati hadir ke bumi adalah momen-momen paling membahagiakan sekaligus mendebarkan.

Beberapa tanda akan melahirkan ternyata jarang disadari oleh para ibu hamil, terutama yang baru pertama kali. Apa saja tanda-tanda tersebut? Yuk, simak penjelasan dr. Adhiatma Gunawan dari MeetDoctor.com.

Nyeri di selangkangan

Saat mendekati waktu melahirkan, Anda akan merasakan nyeri pada bagian selangkangan. Selain itu, Anda juga akan ering buang air kecil maupun besar, sakit perut, serta sering buang angin. Hal ini disebabkan oleh tekanan kepala bayi yang turun ke daerah rangka tulang pelvis.

Sakit tulang belakang

Saat akan melahirkan, panggul dan tulang belakang Anda akan terasa sakit. Penyebab dari hal ini adalah pergeseran atau pergerakan pada janin yang menekan tulang belakang.

Keluar lendir berdarah

Gejala lainnya adalah Anda akan mengalami keluarnya lendir lengket yang bercampur darah. Hal ini disebabkan leher rahim dalam proses pembuka. Jika gejala ini telah dialami, segera ke rumah sakit dengan membawa segala perlengkapan yang disiapkan ya, Bunda.

Ketuban pecah

Pecahnya ketuban ditandai dengan munculnya air ketuban dari vagina berupa rembesan basah atau bahkan dengan deras hingga ke kaki. Jika gejala ini terjadi, maka segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan segera.

Kontraksi rahim

Jika memang sudah waktunya, Anda akan mengalami kontraksi yang beturutan selam 5 menit dan tidak hilang dalam waktu satu jam. Namun kontraksi palsu juga bisa terjadi, Bunda, jadi sebaiknya lebih jeli dan tidak terkecoh.

Rahim membuka

Tanda yang paling jelas saat akan melahirkan adalah pembukaan rahim mulai 1 hingga 10. Fase ini ditandai dengan beberapa cm ukuran pembukaan mulut rahim seperti pembukaan pertama, mulut rahim akan terbuka sebesar 1 cm dan seterusnya hingga pembukaan ke-10 hingga dapat dilewati oleh kepala bayi.

nah, itulah tadi beberapa tanda-tanda akan melahirkan yang jarang diketahui oleh ibu hamil. Tetap rajin konsultasi ke dokter dan mengonsumsi makanan bergizi ya, Bunda agar sang bayi mendapat asupan yang baik.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)
KOMENTAR PEMBACA