Sukses

Parenting

Apa Yang Terjadi pada Minggu Ke-empat?

Moms, setelah terjadinya pembuahan (konsepsi, atau fertilisasi), sel ovum yang terbuahi oleh sperma tak langsung menjadi janin.

Sel ovum berubah terlebih dahulu menjadi zygote, morula, blastula, baru kemudian embrio.

Zygote terbentuk pada minggu pertama. Pembelahan zygote (morula), dan proses implantasi terjadi pada minggu ke dua. Di minggu ke tiga, lempeng embrional mulai terbentuk, dan baru di minggu ke empat, hasil pembuahan menjadi embrio.

Embrio adalah peralihan yang sangat jelas dari bentuk yang semula tampak hanya seperti segumpal sel menjadi bentuk yang lebih mendekati sebuah organisme. Kenapa?

Meski sebenarnya pertumbuhan organ embrio dimulai sejak minggu ke tiga, tapi di minggu ke-empat lah pertumbuhan itu baru tampak secara jelas.

Menurut clevelandclinic.org, di akhir minggu ke empat detak jantung bayi sudah bisa terdeteksi. Meski, sistem kardiovaskularnya belum sempurna karena hanya terdiri dari dua arteri dan satu vena, serta masih terhubung pada plasenta.

Fase awal pembentukan wajah bayi pun juga terjadi di minggu ke empat. Mata, mulut, hidung, rahang bawah, bakal tulang belakang, dan rongga tempat tumbuhnya otak mulai tampak di minggu ke empat.

Jadi, yang terjadi di minggu ke empat kehamilan adalah mulai tumbuhnya embrio sehingga menyerupai makhluk hidup. Belum tampak seperti manusia lho, Moms, karena ekor dan lipatan menyerupai insang masih ditemukan pada embrio.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading