Sukses

Parenting

Tips Jitu Mengatasi Rasa Bersalah Setelah Aborsi

Aborsi memang salah satu tindakan yang kejam ya Ladies. Aborsi memang menjadi perdebatan banyak orang. Tetapi tidak semua orang melakukan aborsi hanya karena hamil di luar nikah. Beberapa wanita disinyalir sempat melakukan aborsi karena janin mereka meninggal di dalam kandungan. Kegiatan aborsi ini dilakukan untuk menyelamatkan nyawa sang ibu.

Tapi Ladies, bagaimana pun juga kegiatan aborsi akan menjadi trauma bagi ibu yang menjalaninya. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melakukan aborsi akan mengalami trauma psikologis. Aborsi menyebabkan berbagai lonjakan emosi pada wanita. Emosi ini termasuk perasaan bersalah, kecemasan yang berlebihan, depresi, perasaan kehilangan, kemarahan pada diri sendiri, atau bahkan bunuh diri. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, setelah melakukan aborsi, 3 tugas ini harus dilakukan wanita untuk menurunkan tingkat stres mereka.

Mengingat rasa sakit
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membiarkan semua emosi yang tertahan keluar. Rasa malu, rasa bersalah, rasa sakit, dan segala emosi karena kehilangan anak. Anda perlu membiarkan semua emosi yang tersembunyi tersebut keluar, rasakan baik-baik. Setelah Anda merasakan sakitnya, belajarlah untuk memaafkan diri Anda. Hanya pikiran Anda sendiri yang bisa menenangkan Anda.

Mengidentifikasi emosi
Aborsi yang Anda lakukan bisa jadi memang bukan karena keinginan Anda. Tetapi keadaan yang memaksa Anda melakukannya. Jika Anda selalu menahan emosi Anda, bisa jadi emosi itu akan meledak tiba-tiba. Ada baiknya jika Anda mengidentifikasi emosi Anda, ketahuilah bahwa Anda memang sedang dalam masalah. Jadi Anda tidak perlu menahan emosi, tapi mengontrol emosi ya Ladies.

Mencari konselor
Yang Anda perlukan setelah melakukan aborsi adalah mencari teman untuk berbicara. Jika Anda malu untuk 'curhat' dengan sahabat Anda, Anda bisa mencari seorang konselor untuk meluapkan keluh kesah Anda. Menceritakan yang Anda rasakan pada konselor dapat membantu Anda untuk meringankan stres.

Selamat mencoba tips di atas ya Ladies. Belajarlah untuk memaafkan diri Anda. Life must go on!

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading