Sukses

Parenting

Bolehkan Menggunakan Pemutih Gigi Pada Saat Hamil?

Ibu hamil biasanya disarankan untuk tidak menggunakan obat-obatan jenis tertentu agar tidak menganggu kesehatan janin. Bahkan ada beberapa saran pula yang menyebutkan bahwa pemutih gigi juga termasuk ke dalam larangan tersebut.

Seperti yang dilansir oleh babycenter.com sama sekali belum ada bukti yang menemukan bahwa penggunaan pemutih gigi memiliki dampak negative terhadap janin yang ada di dalam perut sang ibu. Meski begitu, dokter gigi dan juga pakar genetika sendiri juga tidak menyarankan penggunaan pemutih gigi pada saat hamil.

Pasalnya proses pemutihan gigi yang dikenal dengan peroxide sendiri menggunakan proses oksidatif. Proses ini sendiri diyakini mampu merusak sel-sel bahkan jaringan yang berada di dalam tubuh.

Meski begitu, belum ada penelitian serta bukti kuat yang mendukung bahwa proses ini akan memengaruhi kesehatan ibu maupun janin yang dikandungnya. Untuk mengurangi dampak ini, seorang dokter gigi, Yiming Li menyarankan untuk menggunakan metode pemutihan gigi yang disebut dengan microabrasion.

Namun, lagi-lagi belum ada bukti jelas mengenai ada atau tidaknya efek samping dari proses ini. Untuk itu, baik dokter Li dan juga Dr Lori Wolfe, seorang ahli gentik, menyatkan bahwa sebaiknya seorang ibu hamil menunggu hingga proses melahirkan jika ingin menggunakan pemutih gigi.

Pasalnya, keputusan tersebut merupakan langkah teraman yang bisa ditempuh untuk keselamatan sang ibu terlebih lagi si buah hati yang berada di dalam kandungan.

Wahyu Wienanda


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading