Sukses

Parenting

Keguguran Akibat Konsumsi Kafein. Benarkah?

Bagi wanita yang suka kopi, teh, coklat, soda atau minuman berenergi sebaiknya stop dulu deh saat hamil. Alasannya? Kandungan kafein pada minuman dan makanan tadi berbahaya bagi janin bahkan bisa menyebabkan keguguran. Jadi, Moms, simak baik-baik penjelasan terkait, seperti yang diulas naturalnews.com

Penelitian Kaiser Permanente, yang dipublikasikan di Journal of Obstetrics and Gynecology, menunjukkan bahwa minum 300 mg kafein per hari bisa meningkat resiko keguguran 2 kali lebih besar. Peneliti mewawancarai 1.063 ibu hamil seberapa banyak mereka mengkonsumsi kafein saat hamil. Ada 172 orang di antaranya yang keguguran, bahkan pada saat penelitian berlangsung.

Ibu hamil yang tidak pernah mengkonsumsi kafein saat hamil beresiko keguguran sebanyak 12,5%. Sedangkan ibu hamil yang mengkonsumsi kafein 200 mg atau lebih per harinya beresiko sebanyak 24,5%. Intinya, yang mengkonsumsi kafein lebih beresiko 2 kali lebih besar mengalami keguguran.

De-Kun Li, penulis yang terlibat dalam penelitian, menyarankan agar ibu hamil tidak mengkonsumsi kafein paling tidak pada 3-4 bulan pertama kehamilan. “Misalnya, dengan alasan apapun, ibu hamil itu tidak bisa kalau tidak minum kopi, maka ia bisa memilih decaf tapi dengan jumlah yang sedikit saja”, imbuh Li.

Nah, berhubung sekarang sudah tahu, jadi lebih baik mencegah daripada kehilangan kan Moms.

Oleh: Agit Diyanita


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading