Sukses

Parenting

Merokok Pada Masa Kehamilan Sebabkan Gangguan Pendengaran Pada Sang Buah Hati

Kondisi kesehatan selama masa kehamilan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan pada si kecil nantinya. Ibu hamil yang memiliki alergi terhadap sesuatu bisa jadi menurunkan alergi tersebut pada buah hatinya.

Karena itulah ibu hamil harus benar-benar menjaga pola hidup sehat agar si bayi nantinya juga lahir dalam keadaan sehat. Baru baru ini dikabarkan oleh babycenter.com bahwa peneliti menemukan sebuah fakta lagi terkait dengan kebiasaan ibu selama hamil.

Ternyata kebiasaan merokok selama masa kehamilan dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada bayi ketika memasuki usia remaja. Penelitian ini dilakukan kepada hampir 1.000 anak remaja dan pada akhirnya ditemukanlah kecenderungan tersebut.

Para peneliti memang menyatakan bahwa keterkaitan tersebut masih dianggap lemah. Hanya saja mereka tetap bersikukuh bahwa pencegahan masih jauh lebih baik dibandingkan dengan pengobatan.

Karena itu Dr. Michael Weitzman, seorang peneliti dari Sekolah Kedokteran Universitas New York, menghimbau kepada para ibu hamil untuk mengurangi atau sebisa mungkin menghentikan eksposur asap rokok selama masa kehamilan. Dari penelitian tersebut ditemukan adanya kecenderungan satu dari enam anak dari ibu yang merokok selama hamil memiliki masalah ketika harus mendengarkan suara manusia pada frekuensi yang rendah.

Banyak remaja yang tidak menyadari mereka memiliki gangguan pendengaran. Namun bagaimana pun juga, keadaan itu dapat mengganggu kehidupan sosial maupun akademis mereka. Belum lagi, gangguan pendengaran ini bisa menjadi semakin parah ketika mereka dewasa. So, be wise, Ladies!

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading