Sukses

Parenting

Pil KB Sebabkan Kanker Payudara. Benarkah? (Part 2)

Setelah membaca ulasan mengenai resiko terkena kanker payudara akibat mengkonsumsi pil KB pada artikel sebelumnya, berikut ini adalah informasi lebih lanjut mengenai hubungan pil KB dan resiko kanker payudara.

Seperti layaknya di Indonesia, pil KB juga menjadi alat kontrol jumlah kelahiran yang sangat efektif. Akan tetapi, para peneliti di Amerika, seperti yang ditulis pada webmd.com, mengkhawatirkan efek produksi hormon estrogen akibat mengkonsumsi pil KB dapat memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

Berikut beberapa hal yang sering menimbulkan tanda tanya besar di kalangan orang umum.

1. Apakah resiko kanker payudara akibat mengkonsumsi pil KB juga disebabkan oleh faktor usia?

Ya. Menurut penelitian paling akhir yang dilakukan terhadap kurang lebih 100000 wanita yang mengkonsumsi pil KB, resiko munculnya sel kanker payudara paling banyak ditemukan pada wanita usia lebih tua.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa resiko munculnya sel kanker payudara pada wanita yang mengkonsumsi pil KB ditemukan lebih banyak pada usia 45 tahun ke atas. Mereka memiliki resiko terserang kanker payudara 1.5 kali lebih banyak dari wanita yang tidak mengkonsumsi pil KB.

2. Apakah pil KB tidak berpengaruh terhadap munculnya kanker jenis lain?

Ya. Pil KB telah lama disinyalir berdampak pada kanker jenis lain, yaitu kanker ovarium atau kanker kandungan. Akan tetapi, tidak seperti efek pil KB terhadap kanker payudara, pil KB menunjukkan efek positif terhadap kanker kandungan. Pil KB mengurangi 30% hingga 50% resiko wanita mengalami kanker kandungan.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading