Sukses

Parenting

Tahapan Kehamilan dan Perkembangan Janin Setiap Bulan

Hai bunda, bagaimana kondisi Anda saat ini?

Kehamilan adalah hal yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Anda pasti tidak sabar ingin segera menimang buah hati secepatnya. Di sisi lain, Anda pasti bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di dalam rahim. Apakah sang janin sudah bisa mendengar suara Anda, apakah dia sudah memiliki berat badan yang sehat?

Agar Anda tidak bertanya-tanya lagi, inilah tahapan kehamilan dan tahapan perkembangan janin setiap bulan. Anda bisa mengikuti perkembangan buah hati yang sedang tumbuh di dalam rahim Anda.

Klik tombol di bawah untuk memulai!

(vem/yel)

Kehamilan Bulan Pertama

Di minggu pertama, wanita seringkali belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Hampir tidak ada gejala atau perubahan tubuh ibu. Di dalam sana, peleburan sperma dan sel telur sedang terjadi. Calon bayi, dalam masa ini masih berupa zigot, dia sudah membentuk 46 kromosom. Dalam tahap ini, zigot membutuhkan nutrisi dan pasokan oksigen yang sehat dari ibu.

Pada minggu kedua, ibu mulai mengalami mual, muntah dan mengalami perubahan emosi. Calon buah hati Anda mulai mengirimkan perubahan-perubahan hormon yang akan terjadi pada tubuh ibu sebagai tanda, "Bunda, aku ada di sini,". Zigot akan terus membelah sel dan tumbuh, sembari meninggalkan tuba falopi menuju rahim untuk membentuk 'kamar' yang lebih nyaman dan terus tumbuh di sana.

Calon bayi Anda mulai bernama embrio di minggu ketiga. Biasanya, wanita juga belum sadar di minggu ini bahwa dia sudah hamil. Hanya saja, frekuensi mual dan muntah semakin sering. Terjadi juga perubahan selera makan pada ibu. Sementara di dalam rahim Anda, embrio mulai menempel pada rahim dan mengembangkan plasenta sebagai jembatan nutrisi dari ibu ke calon bayi.

Mayoritas wanita akan mulai curiga dirinya hamil di minggu ini. Jika dilakukan tes kehamilan sendiri, hasilnya akan positif. Payudara terasa lebih lunak, tetapi perut belum terlihat membesar. Embrio mulai membentuk struktur tubuh manusia. Sirkulasi darah mulai terbentuk, juga bola hitam yang akan berkembang menjadi mata. Bayi Anda masih sangat kecil, kira-kira sebesar 1 butir beras.

Kehamilan Bulan Kedua

Di minggu kelima, bunda masih akan merasakan mual dan muntah, terutama di pagi hari. Belum ada perubahan yang tampak pada tubuh calon ibu. Tetapi di dalam perut sana, embrio sedang giat tumbuh dan membentuk lapisan-lapisan tubuh. Bentuk wajahnya mulai tampak walau belum jelas. Mulai terlihat lipatan kulit telinga di samping wajah. Ukuran bayi juga masih sangat kecil dan masih tampak seperti bulatan kecil.

Sementara itu, perkembangan embrio menuju janin pada minggu keenam akan membuat bunda sering buang air kecil. Ukuran embrio yang makin besar membuat bunda lebih sering buang air kecil di malam hari. Sementara itu, embrio yang tampak bulat mulai menunjukkan pertumbuhan lengan dan kaki. Termasuk jari-jarinya yang masih sangat kecil. Sistem saraf, otak, tulang belakang dan semua yang berhubungan dengan sistem saraf pusat dan jantung mulai terbentuk. Karena itu, bunda harus mengonsumsi makanan bernutrisi dan sehat di masa pembentukan ini.

Di minggu ketujuh, jantung calon buah hati Anda sudah terbagi dalam 4 bilik. Saluran pencernaan embrio mulai terbentuk, demikian juga indera sang calon bayi. Struktur tulang kuat terbentuk untuk menggantikan tulang rawan. Embrio sudah mulai bergerak, tetapi bunda belum bisa merasakannya. Jika bunda melihat payudara, akan muncul bayangan dan sedikit nyeri walau ukurannya belum membesar.

Tubuh ibu masih belum mengalami perubahan berarti di minggu kedelapan, hanya saja, bunda lebih sering mengalami susah buang air besar akibat hormon progesteron yang meningkat. Di dalam sana, janin Anda sudah berukuran sekitar 2,55 cm, beratnya 9 hingga 10 gram. Walaupun masih sangat kecil, organ tubuh seperti lengan, kaki, bahu, mata dan telinga sudah terbentuk sempurna. Saluran pernapasan mulai terbentuk, cabang saluran pernapasan dari hidung ke paru-paru sudah bercabang.

Kehamilan Bulan Ketiga

Memasuki bulan ketiga, tubuh janin sudah hampir terbentuk sepenuhnya. Dia sudah bisa bergerak bebas dan terdeteksi pemeriksaan USG. Calon buah hati Anda sudah memiliki lengan, tangan, kaki, mulut dan jari yang dapat mengepal dan terbuka. Kuku-kuku mulai berkembang, dan bentuk daun telinga mulai jelas. Pada tubuh ibu, payudara mulai membesar.

Organ reproduksi janin sudah berkembang, tetapi jenis kelaminnya masih belum bisa dideteksi USG di bulan kesepuluh. Organ dalam seperti hati, ginjal, usus, paru-paru dan otak telah terbentuk dan mulai bekerja sama. Di masa ini, pertumbuhan orak meningkat dengan menghasilkan 250.000 sel saraf baru setiap menit. Janin Anda mungkin tampak aneh di tahap ini, karena ukuran kepalanya adalah setengah kali ukuran tubuhnya. Tetapi hal itu normal karena otaknya sedang dibangun dan berkembang pesat.

Di bulan kesebelas, Anda mulai bisa bernapas lega, karena frekuensi muntah dan mual berkurang d. Risiko keguguran juga telah berkurang jika bunda sudah melewati masa ini. Ukuran janin Anda sekitar 4 hingga 6 cm. Rambutnya sudah mulai tumbuh, bersamaan dengan kuku jari dan kuku tangan. Bunda sudah mulai bisa merasakan gerakan sang janin.

Di akhir bulan ketiga, janin Anda sudah berukuran 7,6 hingga 10 cm, beratnya mencapai sekitar 28 gram. Wajah bayi Anda sudah menyerupai bentuk manusia. Jari-jari kaki dan jari tangan yang sebelumnya saling menempel sudah terpisah. Di waktu ini, sistem sirkulasi dan kandung kemih sudah mulai bekerja. Hati sudah menghasilkan empedu. Rasa mual dan lemas pada ibu hamil berkurang, selera makan kembali pada tingkat normal.

Kehamilan Bulan Keempat

Memasuki bulan keempat, plasenta telah berkembang sempurna sebagai penyedia oksigen dan nutrisi bayi, termasuk membuang kotoran dan sisa metabolisme bayi. Janin Anda tetap tumbuh dengan pesat. Kelopak matanya terbentuk, termasuk alis dan bulu mata. Kuku-kukunya sudah terbentuk sempurna. Calon gigi dan tulang sudah lebih padat dan kokoh. Janin bisa menghisap jempolnya, menguap, meregang dan membuat berbagai mimik wajah di dalam kandungan. Jika bunda menekan bagian perut, bayi Anda akan reflek bergerak. Jika Anda sedang mengandung bayi perempuan, maka sang janin sedang membawa 2 juta telur dalam indung telurnya.

Di minggu ke empat belas, Anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi dengan tes USG. Perut ibu semakin membesar, juga bagian payudara. Daerah di sekitar putih akan lebih gelap, kolostrum mulai dihasilkan. Di minggu ini, berat badan bayi meningkat, tubuhnya akan berkembang untuk mengimbangi bentuk kepalanya. Ada rambut yang sangat halus melindungi kulitnya dan akan hilang sebelum lahir.

Pada minggu kelima belas, kelopak mata bayi masih tertutup. Tulang sumsum pada tulang belakang mulai berkembang. Bayi sudah bisa mendengarkan bunda, dia sudah bisa mendengarkan suara jantung bunda dan suara perut bunda. Ukuran janin di minggu ini sekitar 15,4 cm dengan berat sekitar 113 gram. Ajaklah dia ngobrol, bunda!

Calon bayi Anda mulai senang bermain memasuki minggu keenam belas. Mainan pertama yang bisa ia gunakan adalah tali pusar atau tali plasenta. Dia akan meraihnya dan dipegang. Tulang dan otot bayi makin kuat, sistem peredaran darah sudah berfungsi. Bayi Anda mulai sensitif pada cahaya. Gerakannya juga mulai aktif, dia makin sering menghisap jempol menguap, sudah bisa menelan, buang air kecil bahkan cegukan.

Kehamilan Bulan Kelima

Memasuki bulan kelima, berat badan ibu akan bertambah sekitar 4 hingga 5 kg. Seiring bertambah besarnya bagian perut, bunda akan lebih sering menyebabkan nyeri. Tetapi emosi akan semakin terkontrol dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, calon bayi Anda mulai memiliki rambut yang tumbuh di kepala. Kulit bayi masih tampak transparan dan terlihat bagian pembuluh darahnya yang berwarna merah. Sidik jari sang calon bayi mulai terbentuk.

Di minggu kedelapan belas, bayi sudah bisa mendengarkan lebih jelas. Ia bisa terkejut jika mendengar suara yang terlalu berisik atau keras. Gerak janin makin aktif, bunda dapat merasakan gerakan menendang, menekuk atau berguling. Jika bayi Anda laki-laki, alat kelaminnya sudah terlihat jelas. Sedangkan bila bayi Anda perempuan, sistem reproduksinya, vagina, rahim dan saluran telur juga telah terbentuk. Bayi juga mulai bisa melihat cahaya yang menembus dinding rahim bunda.

Pada minggu kesembilan belas, panjang bayi mencapai 20,5 cm dan berat 240 gram. Ia sudah bisa menelan cairan ketuban dan ginjalnya terus menghasilkan air seni. Indra peraba bayi dan indra yang lain berkembang pesat di minggu ini. Tubuh bayi secara alami membentuk lapisan seperti lilin yang akan melindungi kulitnya dari luka. Bunda kemungkinan akan sulit tidur malam dan mengalami gangguan pencernaan.

Anda makin tak sabar menimang sang buah hati, tetapi ini masih separuh jalan. Di minggu kedua puluh, tubuh bunda akan semakin membesar, tidak hanya perut, tetapi juga pada bagian paha, pinggul, lengan dan sebagainya. Warna puting akan semakin gelap. Kemungkinan bunda lebih sering merasakan pusing saat berdiri dari duduk dan mengalami nyeri di bagian bawah perut. Di dalam sana, bayi Anda semakin menguatkan otot tubuhnya. Sistem pernapasan dan paru-paru makin sempurna. Janin akan bergerak sangat aktif, bahkan mencapai 200 gerakan dalam sehari.

Kehamilan Bulan Keenam

Memasuki bulan keenam, panjang bayi sudah mencapai 28 cm, beratnya sekitar 350 gram. Jika bunda mengajak sang janin bicara, dia akan mendengarnya. Juga jika Anda memutar musik dan membacakan cerita dari sebuah buku. Di masa ini, alis dan kelopak mata bayi sudah terbentuk sempurna. Kuku-kuku jarinya sudah menutup hingga ujung jari. Sementara itu, bunda akan mengalami perubahan pada kulit dan rambut. Ada beberapa wanita yang kulitnya makin sehat dan rambut makin berkilau, tetapi ada juga yang mengalami kerontokan rambut dan masalah kulit.

Wajah bayi Anda semakin sempurna dan akan mirip seperti saat dia dilahirkan kelak. Perubahan ini terjadi di minggu kedua puluh dua. Janin mulai memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi dan sebagai kekebalan tubuh. Mata calon bayi Anda sudah terbentuk sempurna. Pankreas janin mulai berkembang. Bunda kemungkinan akan mengalami pembengkakan kaki atau kram. Berat badan akan bertambah lebih banyak dan mengalami ngidam.

Di minggu kedua puluh tiga, berat bayi sudah mencapai 500 gram dan panjangnya 30 cm. Pembuluh darah dan paru-paru mulai mempersiapkan sistem pernapasan. Kulit bayi masih tampak kendur dan berkeriput, tetapi lemak semakin menumpuk. Bunda akan mengalami peningkatan produksi lendir pada vagina. Selain itu, bunda akan lebih sering buang air.

Memasuki minggu kedua puluh empat, bunda akan mengalami gusi yang lebih sensitif. Ada kemungkinan gusi Anda meradang atau berdarah, berhati-hatilah saat menggosok gigi. Saat ini, bayi Anda sudah memiliki bentuk tubuh yang sempurna, termasuk otaknya. Kulit janin masih tipis dan keriput, tetapi tubuhnya makin berisi. Paru-parunya mulai mengambil oksigen melalui plasenta.

Kehamilan Bulan Ketujuh

Memasuki bulan ketujuh, indra bayi semakin peka, terutama pendengaran dan penciumannya. Di masa ini, berat bayi mencapai 650 gram dan panjang sekitar 37 cm. Tulang bayi semakin keras. Bayi Anda mulai latihan bernapas, ia akan menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Jika janin menelan air ketuban terlalu banyak, ia akan cegukan. Bunda akan sering merasa perut yang kaku karena kontraksi.

Di minggu keduapuluh enam, lemak di bawah kulit janin mulai terbentuk. Sedikit demi sedikit kulitnya tidak lagi keriput. Ukuran tubuh bayi mencapai 35,6 hingga 38 cm dengan berat 760 gram. Mata bayi sudah bisa terbuka bahkan mengedip. Bayi juga mulai sering bergerak mengganti posisinya. Bunda akan lebih sering merasakan nyeri dan pegal di bagian pinggang. Napas juga terasa lebih pendek dan berat.

Pada minggu kedua puluh tujuh, berat janin Anda sudah mencapai 875 gram dengan panjang 36,6 hingga 38 cm. Walau organ dalamnya sudah sempurna, tetapi masih harus dimatangkan. Indra perasa bayi sudah mulai terbentuk. Bayi sudah punya waktu tidur, para ahli berpendapat bahwa bayi mulai mengalami mimpi pada masa ini. Sementara itu, bunda akan lebih sering merasakan panas dan mudah berkeringat.

Di minggu keduapuluh delapan, janin Anda sudah selesai membangun tubuh dan organ dalam secara sempurna. Dia sudah siap mengisi menambah berat badan. Lemak di bawah kulit bayi mulai bertambah. Rambut dan kuku bayi terus tumbuh. Sedikit demi sedikit, kepala bayi mulai mengarah ke bawah. Sistem paru-paru memang belum sempurna, tetapi pada masa ini, kemungkinan besar bayi bisa bertahan hidup jika lahir prematur. Tubuh bunda akan semakin besar dan kenaikan berat badan terus terjadi. Ada beberapa ibu yang mengalami pembengkakan pada kaki.

Kehamilan Bulan Kedelapan

Memasuki bulan ke delapan, posisi kepala bayi sedikit demi sedikit mulai mengarah ke bagian bawah. Gerakan janin makin terasa seiring dengan semakin besarnya tubuh bayi dan mengisi semua bagian rahim. Calon bayi Anda sudah bisa melihat apa yang ada di dalam rahim, dia juga sudah bisa memalingkan kepala dan mengikuti arah cahaya. Panjang bayi sudah berada di angka 40 cm dan akan terus berkembang pesat hingga waktu kelahiran.

Pada minggu ketigapuluh, kemungkinan besar bunda akan mengalami sembelit dan gangguan proses pencernaan makanan. Bayi Anda semakin aktif belajar bernapas dengan menghirup cairan ketuban. Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna. Bulu-bulu halus yang menutupi kulit bayi sedikit demi sedikit mulai lepas. Kelopak mata sang bayi sudah bisa terbuka sempurna.

Di minggu ketiga puluh tiga, pertumbuhan bayi sangat pesat, terutama kenaikan berat badannya. Bayi berada pada berat 1,8 hingga 2,2 kg pada masa ini. Kulit bayi sedikit-demi sedikit mulai terisi. Hampir semua bagian rahim telah diisi oleh bayi. Kepalanya hampir sempurna mengarah ke bawah sebagai persiapan persalinan. Semakin beratnya bobot janin membuat ibu semakin sering mengalami sakit punggung dan sulit bergerak.

Bunda akan sering merasa tegang pada bagian perut, bahkan bagian pusar mulai terlihat menonjol keluar. Anda harus tetap mengatur nutrisi makanan yang masuk, jangan sembarangan makan karena para ibu di masa ini sering mengalami penurunan kadar hemoglobin yang menyebabkan pusing dan pandangan berputar. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan.

Kehamilan Bulan Kesembilan

Memasuki bulan kesembilan, Anda semakin tidak sabar melihat seperti apa wajah buah hati. Pertambahan berat badan bayi sangat cepat, diiringi dengan menipisnya lapisan plasenta. Janin Anda sudah mempersiapkan dirinya pada posisi lahir. Koordinasi tubuh bayi semakin baik. Dia sudah bisa berkedip, menutup mata, menendang dan merespon suara dan sentuhan.

Di minggu ketiga puluh lima, panggul bunda akan semakin membesar sebagai bentuk alami menuju proses melahirkan. Hal ini diiringi dengan nyeri pada panggul dan pantat selama berminggu-minggu. Bunda akan semakin sulit tidur karena cemas, stres dan posisi tidur yang semakin tidak nyaman. Sementara itu, buah hati Anda sudah memiliki ginjal yang sempurna. Bagian hatinya juga sudah bisa memproses sebagian produk metabolisme tubuh. Badan bayi mulai padat dan memberi rasa hangat pada tubuhnya.

Memasuki minggu ketigapuluh enam, bayi sudah mempunyai ukuran dan kematangan untuk dilahirkan. Bayi Anda akan mendapat bahan kekebalan tubuh dari bunda, misalnya saja campak. Kulit bayi semakin terlihat halus dan lemak di bawah kulitnya semakin bertambah. Ginjal dan paru-paru sudah bisa bekerja dengan baik. Kepala bayi sudah berada di bawah, mengarah pada jalan lahir.

Di bulan ini, bunda akan mengalami tekanan di bawah perut lebih berat dibanding sebelumnya. Bunda juga bisa merasakan bahwa bayi berada dalam posisi yang turun. Tekanan ini menyebabkan rutinitas buang air semakin meningkat, karena bayi semakin mendesak kandung kemih. Jika bunda sering merasa sakit saat buang air kecil, periksakan ke dokter. Pada masa ini, wanita lebih rentan mengalami infeksi kandung kemih.

Minggu-Minggu Menuju Kelahiran

Melewati bulan kesembilan, wanita biasanya makin stres dan cemas. Waktu yang semakin dekat dengan proses melahirkan membuat banyak wanita tegang. Tenang saja bunda, tidak perlu tegang, karena bayi Anda bisa merasakan ketegangan yang Anda rasakan. Di masa ini, bayi bisa lahir kapan saja, bisa mundur atau maju dari tanggal yang diperkirakan dokter. Karena itu, persiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proses persalinan. Minta bantuan suami jika Anda kerepotan mempersiapkannya.

Di waktu ini, berat bayi Anda sudah mencapai 2,9 hingga 3,2 kg. Berat bayi masih akan terus bertambah hingga ia siap dilahirkan. Semua organnya sudah lengkap dan sempurna. Kulit bayi Anda semakin halus dan lembut. Kuku bayi Anda semakin panjang dan bisa jadi menggores wajahnya, tetapi tenang saja, karena ada pelindung yang melapisi kulit bayi. Di waktu ini, paru-paru bayi semakin matang dan mempersiapkan proses bernapas dengan udara.

Tenangkan diri Anda, bunda. Jika Anda tenang, semua proses kelahiran akan lebih lancar. Minta suami Anda untuk selalu siaga, karena Anda bisa melahirkan kapan saja di waktu ini. Persiapkan kontak dokter dan pastikan Anda dan suami tahu apa yang harus dilakukan jika perut Anda mulai mulas dan kontraksi.

Selamat berjuang, bunda! Kecup sayang dari kami untuk buah hati tercinta :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading