Sukses

Parenting

8 Mitos Larangan Bagi Wanita Hamil Menurut Adat Jawa

Moment kehamilan merupakan moment yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri yang akan memiliki buah hati. Saking bahagianya, beberapa orang bahkan rela melakukan apapun demi menjaga kehamilan tersebut agar senantiasa sehat, aman dan nyaman.

Bagi pasangan suami istri dari Jawa, demi menjaga kehamilan tidak hanya dilakukan dengan menjaga kesehatan dan keamanan kandungan, tetapi juga menghindari segala hal yang menjadi larangan bagi wanita hamil menurut adat Jawa. Selain istri yang menghindari segala larangan ini, sang suami pun tak ketinggalan untuk ikut menghindarinya.

Berikut adalah beberapa larangan bagi wanita hamil menurut adat Jawa.

  1. Wanita hamil dilarang duduk di tengah pintu rumah karena menurut mitos Jawa, duduk di tengah pintu ini akan membuat proses kelahiran susah serta menyakitkan.
  2. Menurut adat Jawa, wanita hamil dilarang merendam pakaian kotor terlalu lama. Ini dipercaya bisa membuat kaki ibu hamil bengkak dan terasa berat. 
  3. Tidak diperkenankan bagi ibu hamil untuk membunuh segala macam hewan. Suami wanita ini juga dilarang membunuh hewan karena dipercaya bisa membuat janin di kandungan cacat atau bahkan gugur. 
  4. Wanita hamil dilarang bergumam atau "mbhatin" tentang sesuatu hal yang dirasa cukup aneh. Ini dipercaya akan membuat bayi yang dikandung mengalami hal serupa dengan apa yang digumamkan ibunya. 
  5. Ibu hamil dilarang menggaruk perut atau bokong yang gatal karena ini dipercaya bisa membuat kulit bayi di dalam kandungan lebam.
  6. Suami wanita yang sedang hamil dilarang memancing atau pun berburu hewan apapun itu. Menurut mitos Jawa, suami yang memancing atau berburu bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan cacat atau sumbing. 
  7. Menurut adat Jawa, wanita yang sedang hamil dilarang menjahit kain dengan jarum secara manual. Orang tua zaman dulu percaya jika aktivitas menjahit bisa menyebabkan bayi lahir cacat. 
  8. Wanita yang sedang hamil dilarang membakar peralatan bayi atau peralatan untuk membersihkan tubuh seperti bungkus sabun, tisu dan sejenisnya. Orang tua zaman dulu percaya jika membakar benda-benda ini bisa membuat kulit bayi ruam bahkan seperti terbakar.


Itulah beberapa mitos mengenai larangan bagi wanita hamil menurut adat Jawa. Pernah mendapat larangan ini ladies? Terbukti atau tidak mengenai larangan ini, saat hamil siapapun itu tetap harus hati-hati, waspada dan menjaga kandungannya dengan sangat baik.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading