Sukses

Parenting

Cegah Hamil Secara Alami dengan Mengetahui Suhu Tubuh, Bagaimana Caranya?

Ada pasangan yang ingin segera dikaruniai momongan, namun ada pula yang masih belum siap. Nah, alat kontrasepsi kadang jadi pilihan untuk menunda, namun ada pula yang tak ingin menggunakannya. Ternyata ada satu metode alami yang bisa dicoba untuk mencegah kehamilan. “Basal body temperature” adalah salah satu cara untuk mencegah kehamilan secara alami. Penasaran bagaimana caranya?

Basal body temperature adalah cara mencegah kehamilan dengan mengetahui kondisi suhu tubuh dan keluarnya haid. Hal ini dilakukan dengan cara mengukur suhu badan. Suhu badan seseorang tidak akan mengalami peningkatan setelah mengalami ovulasi. Pengukuran suhu basal dilakukan pada pagi hari segera setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Rahim sedang mengalami proses ovulasi jika suhu tubuhmu meningkat dari suhu biasanya. Suhu normal tubuh sekitar 35,5-36 derajat Celcius. Pada waktu ovulasi, suhu akan turun terlebih dahulu dan naik menjadi 37-38 derajat kemudian tidak akan kembali pada suhu 35 derajat Celcius. Pada saat itulah terjadi masa subur/ovulasi.

Suhu basal tubuh diukur dengan alat yang berupa termometer basal. Termometer basal ini dapat digunakan secara oral, per vagina, atau melalui dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama selama 5 menit. Tiga hari setelah peningkatan suhu tubuh tersebut, kamu sudah bisa bercinta lagi dengan suami tanpa harus khawatir hamil.

Kamu juga bisa mengukur masa suburmu dengan cara ini lho Ladies. Jadi pada hari pertama saat suhu tubuhmu meningkat sampai tiga hari berikutnya adalah masa yang paling subur.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading