Sukses

Parenting

Kontraksi Dini Hingga Keguguran, Ini Bahaya Kelelahan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil penting memiliki asupan nutrisi cukup dan istirahat cukup. Ibu hamil tidak boleh terlalu lelah atau melakukan berbagai aktivitas terlalu berlebih. Kenapa demikian? Melansir dari laman parents.com, ibu hamil yang sering mengalami kelelahan bisa mengalami berbagai masalah kesehatan yang mengancam jiwanya maupun jiwa janin di kandungannya.

Ada beberapa bahaya kelelahan pada ibu hamil. Bahaya tersebut antara lain sebagai berikut.

Kontraksi Lebih Cepat
Bahaya pertama adalah, kelelahan memicu kontraksi lebih cepat. Kelelahan secara fisik maupun psikis, ini bisa memicu kontraksi sebelum waktunya. Apalagi, jika kelelahan ini dialami pada kehamilan trimester ke tiga.

Kelahiran Prematur
Karena telah terjadi kontraksi lebih awal, akhirnya ini memicu persalinan dini atau kelahiran bayi prematur. Bayi yang lahir prematur akan sangat berisiko terhadap berbagai masalah kesehatan. Jadi, usahakan agar tidak terlalu lelah saat hamil agar tidak terjadi kelahiran prematur. Hindari juga melakukan perjalanan jauh yang meningkatkan risiko tubuh pegal-pegal dan memicu kelelahan.

Pendarahan
Terlalu lelah saat hamil juga meningkatkan risiko pendarahan. Fisik yang digunakan beraktivitas berlebihan dan pikiran yang stres, ini memicu kelelahan yang akhirnya menyebabkan pendarahan.

Keluarnya Flek atau Bercak Darah
Keluarnya flek atau bercak darah dari organ intim umum dialami ibu hamil. Tapi, jika tubuh terlalu kelelahan, ini bisa meningkatkan risiko keluarnya flek dan bercak darah. Jika flek atau bercak ini terlalu sering keluar, ini bisa mempengaruhi kesehatan ibu maupun janin.

Mudah Lemas dan Rentan Terjatuh
Tubuh yang terlalu lelah selama hamil akan meningkatkan risiko lemas pada tubuh. Jika tubuh sudah lemas, ini bisa meningkatkan risiko terjatuh hingga pingsan dan berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin.

Risiko Keguguran
Kelelahan juga bisa memicu risiko keguguran. Untuk itu, usahakan agar memiliki waktu istirahat cukup, pikiran selalu bahagia dan miliki fisik yang senantiasa bugar agar janin di kandungan pun merasa sehat, bahagia serta tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Itulah beberapa bahaya kelelahan bagi ibu hamil. Pastikan untuk memiliki istirahat cukup, menutrisi tubuh dengan baik dan pastikan pikiran selalu bahagia selama hamil. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading