1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Ibu Hamil Wajib Makan Ikan Setiap Hari, Ini Alasannya

Rabu, 26 September 2018 11:45 Penulis: Febi Anindyakirana
Ikan untuk ibu hamil/copyright Pexels.com/Oscar Mikols

Vemale.com - Ibu hamil harus memenuhi nutrisi lengkap selama masa kehamilan. Bukan hanya untuk dirinya sendiri namun terutama untuk kesehatan perkembangan janin. Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil adalah asam lemak omega-3. Dilansir dari New Parent, makan ikan sangat penting untuk ibu hamil karena nutrisinya membantu perkembangan bayi yang sehat.

Dalam penelitian yang dimuat di Archives of Pediatric and Adolescent Medicine menemukan bahwa wanita hamil yang makan paling tidak dua porsi ikan dalam seminggu punya risiko kecil memiliki anak dengan gangguan perilaku ADHD (attention-deficit/hyperactivity disorder) dibanding wanita yang jarang makan ikan selama hamil.

Namun dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa ibu hamil juga harus hati-hati dengan kandungan merkuri dalam ikan karena justru meningkatkan risiko ADHD. Ikan terbaik yang mengandung asam lemak omega-3 adalah:

  • Salmon
  • Tuna kaleng
  • Ikan kembung
  • Ikan sebelah
  • Sarden

Ikan bukan hanya tinggi asam lemak omega-3 yang penting untuk bayi namun juga rendah lemak sehingga sangat baik menjaga berat badan ibu hamil. Beberapa makanan laut lain yang mengandung omega-3 tinggi namun bukan ikan yang baik dikonsumsi seperti kepiting, udang dan kerang.

Jadi, sekarang tahu kan betapa pentingnya makan ikan saat hamil, Moms?

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Tutorial Liga Dangdut Indonesia Audisi Online