Sukses

Parenting

Amankah Cairan ASI Sudah Keluar pada Masa Kehamilan?

Bayi masih di dalam kandungan dan hari kelahiran masih cukup jauh. Namun mom menemukan bahwa ada cairan yang keluar dari payudara. Apakah ini cairan ASI? Jika iya, mungkinkah cairan ASI sudah keluar sementara mom masih mengandung atau hamil?

Melansir dari laman parents.com, keluarnya ASI dari payudara selama kehamilan bukan perkara yang patut dikhawatirkan. Ini merupakan hal yang wajar terjadi dan umum dirasakan sebagian besar ibu hamil.

Perlu kita tahu, protein yang membentuk ASI sudah mulai diproses di payudara sejak usia kehamilan masuk ke minggu ke 14. Dengan adanya ASI yang sudah mulai terbentuk selama kehamilan, ini menandakan bahwa mom sudah siap memberikan ASI ke buah hati yang baru lahir saat ia lahir nanti. Keluarnya ASI atau kolostrum saat hamil sendiri bisa terjadi sejak usia kandungan mencapai 5 sampai 6 bulan atau berada di trimester ke tiga.

Keluarnya ASI selama kehamilan tidak akan mengurangi produksi ASI setelah melahirkan nanti.
Jadi, mom tak perlu khawatir akan kehabisan produksi ASI saat menyusui asalkan mom memiliki asupan nutrisi yang terbaik buat melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.

Selama kehamilan ASI bisa keluar di saat mom melakukan aktivitas fisik cukup berat. ASI juga bisa keluar saat payudara terangsang terutama saat mom melakukan hubungan intim dengan suami.

Mengenai keluarnya ASI di waktu yang lebih awal ini tidak bisa dicegah. Hanya saja, agar ASI yang keluar tetap bisa membuat mom nyaman, usahakan agar memakai bra yang menyerap ASI dengan baik. Bila perlu, gunakan bantalan payudara atau breast pads agar ASI tidak menimbulkan bercak atau bekas di baju.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading