Sukses

Parenting

5 Cara Mencegah Gangguan Pencernaan Selama Hamil

Selama hamil, wanita rentan mengalami gangguan pencernaan, baik itu sembelit atau justru diare. Bahkan tidak jarang ibu hamil jadi sering mengalami kembung dan perut begah sehingga tidak nyaman saat beraktivitas.

Untuk mencegah gangguan pencernaan, bumil bisa melakukan beberapa cara pencegahan seperti dilansir dari Motherandbaby.co.uk.

1. Makan porsi kecil namun sering
Ahli nutrisi sekaligus ilmuwan British Nutrition Foundation Dr Áine O'Connor, merekomendasikan makan 5-6 kali sehari namun dalam porsi kecil untuk mencegah asam lambung naik. Jangan terjebak harus makan banyak 'untuk dua orang' hanya karena hamil, makan secukupnya saja.

2. Hindari makanan berlemak, pedas dan gorengan
Ibu hamil mungkin akan ngidam banyak makanan, namun usahakan tidak sering makan makanan berlemak, pedas dan gorengan untuk menghindari masalah pencernaan. Cukupi makan dengan makanan bernutrisi dari buah, sayur, ikan dan daging rendah lemak.

Konsumsi susu atau yogurt agar pencernaan lancar/ copyright Unsplash.com/Dennis Klein

3. Minum susu dan yogurt
Susu dan yogurt bisa menjadi minuman terbaik ketik hamil jika kamu sedang tak ingin makan. Kaya nutrisi, protein dan terutama kalsium, susu dan yogurt bisa melancarkan pencernaan. Pilih yogurt atau susu rendah lemak untuk menjaga pencernaan.

4. Jangan makan laut malam
Makan makanan harus dibatasi sampai sore saja. Hindari makan laut malam karena bisa menyebabkan perut penuh dan sulit tidur. Jika lapar malam hari, ambil camilan kecil berupa buah, jangan makanan berat.

5. Ketahui apa yang kamu makan
Kamu harus bisa keep a track apa yang kamu makan dalam sehari. Dengan begini, kamu tahu penyebabnya jika perut terasa tak enak dan bisa menghindari makanan tersebut di lain waktu.

Itu yang perlu kamu lakukan untuk mencegah gangguan pencernaan selama hamil.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading