Sukses

Parenting

Apa yang Terjadi di Dalam Tubuh Saat Kehamilan Minggu ke 4?

Memasuki kehamilan minggu ke 4, apa saja yang dilakukan bayi di dalam rahim dan apa yang mungkin kamu rasakan dalam tubuh? Seringkali banyak wanita tak menyadari bahwa ia sedang hamil karena belum banyak perubahan fisik.

Dilansir Motherandbaby.co.uk, ketika kehamilan minggu ke 4, sel telur yang berupa zigot sudah sampai di rahim dan berkembang di sana. Perjalanan dari tuba falopi ke rahim sudah selesai. Beberapa wanita bahkan mengaku bisa merasa merasakan sesuatu saat ini terjadi.

Zigot yang melekat akan mulai membelah diri menjadi dua, dan namanya juga berubah menjadi embrio. Satu bagian akan menjadi bayi dan bagian satunya akan berkembang menjadi plasenta. Embrio ini mungkin kecil, namun ia punya kegiatan yang sibuk memperbanyak diri.

Di minggu ini pula kantung air ketuban juga akan dibentuk dan ada tiga lapisan yang akan melingkupi bagian tubuh bayi nantinya. Lapisan ketuban dibagi menjadi tiga, yaitu endoderm, mesoderm dan ektoderm. Endoderm akan melapisi bagian dalam seperti otak, sistem pencernaan, hati dan paru-paru. Mesoderm adalah lapisan tengah, dan akan menjadi jantung bayi Anda, organ seks, tulang, ginjal dan otot. Sedangkan eksoderm akan melapisi kulit, rambut, dan mata bayi.

Di kehamilan minggu ini pula kamu mulai bisa melihat bahwa kamu sedang hamil dengan alat tes kehamilan. ketika kamu menggunakan tespek, kamu akan menemukan dua garis yang menyatakan positif hamil karena di minggu inilah hormon kehamilan sudah terbentuk.

Nah, itulah yang terjadi di dalam tubuh wanita memasuki kehamilan minggu ke-4. Tuhan memang menciptakan tubuh wanita begitu menakjubkan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading